Rechercher dans ce blog

Friday, July 28, 2023

Ini 4 Menu Sarapan yang Bikin Kamu Mulas di Pagi Hari - Medcom.Id

Jakarta: Sarapan memang baik untuk tubuh. Namun, terkadang kita mengalami mulas karena makanan yang dimakan sembarang. Kira-kira makanan apa saja yang membuat mulas, ya?

Sebelum itu, ada baiknya kita mencari jawaban kenapa sakit perut atau mulas terjadi ketika kita sarapan? Menurut dr. Tirtawati Wijaya dari Alodokter, ada beberapa penyebab yang bisa kamu alami ketika merasakan mulas atau bahkan sakit perut:

- Kebiasaan, terutama bila kamu mengalami mulas setiap habis sarapan sejak sebelum kuliah sekalipun.

- Konsumsi makanan tertentu yang mengiritasi saluran cerna.

- Makan makanan berlemak, bersantan, atau goreng-gorengan.

- Makan terlalu banyak atau mengisi lambung terlalu penuh.

Setelah tahu penyebabnya, lalu makanan dan minuman apa saja yang bisa membuatmu mulas? Menjawab pertanyaan di atas, tentu kamu harus tahu! Karena bisa menjaga-jaga agar kamu tidak mulas saat sarapan. Adapun makanan dan minumannya, antara lain:
 

1. Makanan tinggi lemak


Alpukat, keju, dan kacang-kacangan merupakan makanan yang tinggi lemak. Meskipun, makanan ini memiliki banyak nutrisi, ternyata bisa bikin perut mulas di pagi hari. Jadi, sebaiknya tidak mengonsumsi saat sarapan, ya!
 

2. Kopi


Kafein dalam kopi adalah stimulan, yang membuat kamu merasa waspada secara mental, serta merangsang sistem pencernaan. Jangankan saat sarapan, pun saat di waktu siang atau malam hari, kopi berisiko membuat kita mulas.

Menurut International Foundation for Gastrointestinal Disorders (IFFGD), minum 2-3 cangkir kopi atau teh dalam sehari seringkali dapat menyebabkan diare.
 

3. Makanan pedas


Suka pedas? Sebaiknya jangan dimakan saat sarapan! Cabai rawit dan campuran kari adalah penyebab umum, karena mengandung capsaicin, bahan kimia yang memberikan rasa panas pada cabai.

Capsaicin dapat mengiritasi lapisan lambung selama proses pencernaan. Terutama saat dikonsumsi dalam jumlah banyak, capsaicin dapat menyebabkan gejala seperti diare, mual, muntah, dan sakit perut.
 

4. Gorengan atau makanan cepat saji


Gorengan atau makanan cepat saji yang memiliki nutrisi rendah seringkali membuat mulas juga. Makanan berlemak, berminyak, atau digoreng mengandung lemak jenuh dan lemak trans, bahkan dapat memicu diare atau memperburuk gejalanya.

Sulit memecah dan akhirnya makanan ini dengan mudah lewat begitj saja. Jadi, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi ini saat sarapan, ya!

Aulia Putriningtias
(FIR)

Adblock test (Why?)


Ini 4 Menu Sarapan yang Bikin Kamu Mulas di Pagi Hari - Medcom.Id
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...