Rechercher dans ce blog

Wednesday, January 10, 2024

Menengok Menu Khusus Para Tamu Dhaup Ageng Pakualaman, Hidangan Utama Mangut Berbahan Salmon - Jawa Pos - JawaPos

Sajian diantarkan abdi dalem dan dikeluarkan secara bertahap menyesuaikan dengan durasi resepsi pernikahan BPH Kusumo Kuntonugroho dengan Laily Annisa Kusumastuti di Puri Pakualaman, Kota Jogja. Ada menu yang merupakan menu makan siang sehari-hari KGPAA Paku Alam VIII.

WINDA ATIKA IRA PUSPITA, Kota Jogja

---

SEGERA setelah para tamu Dhaup Ageng di Istana Pura Pakualaman, Kota Jogja, menikmati dua sajian tari, Bedhaya Sidamukti serta Bedhaya Kakung Indrawidagda, dua jenis minuman penyambut menyusul. Masing-masing sereh (serai) lime atau sereh dengan jeruk nipis atau jahe dengan jeruk nipis.

Ketua Bidang Adat dan Akomodasi Dhaup Ageng KRT Radyo Wisroyo menyebutkan, berbagai menu khas Pakualaman memang disajikan kepada para undangan pahargyan atau resepsi di hari pertama kemarin (10/1) dan di hari kedua hari ini (11/1). Tapi, selain itu, ada pula sederet menu Western.

Dhaup Ageng atau pernikahan agung di Pura Pakualaman Yogyakarta dihelat untuk merayakan pernikahan BPH Kusumo Kuntonugroho, putra bungsu KGPAA Paku Alam X yang juga wakil gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta, dengan Laily Annisa Kusumastuti. Selain para tokoh bangsa, hadir pula raja-raja Nusantara. Akad nikah berlangsung kemarin pagi, yang lalu diikuti resepsi hari pertama. Rangkaian acara tersebut berlangsung selama lima hari sampai hari ini (11/1).

Baca Juga: Mengenal Sejarah Pura Pakualaman, Istana Sang Adipati Paku Alam X yang Bertakhta Sebagai Wakil Gubernur DIY

Menurut Radyo, sajian makanan yang disajikan akan diantarkan ke masing-masing tamu oleh para abdi dalem. ”Lantaran acara yang akan berlangsung cukup lama, menu dikeluarkan secara bertahap,” katanya seperti dikutip dari Jawa Pos Radar Jogja.

Setelah minuman penyambut dan para tamu tiba di meja masing-masing, hidangan pembuka berupa kudapan dan minuman sudah menunggu. Ada beberapa kudapan yang disiapkan, di antaranya kroket. Ada pula snack bernama garulina. ”Semacam lapis legit. Yang membedakan, ada lapisan khusus semacam fla. Untuk minumannya setup jambu,” jelas dia.

Selanjutnya masuk ke menu utama. Pertama, ada nasi daun jeruk atau disebut sekul ijem. ”Dipadukan dengan hidangan mangut. Namun, mangut yang kami sajikan berbahan ikan salmon,” terangnya.

Baca Juga: Menilik Persiapan Dhaup Ageng Pernikahan Putra Bungsu Pakualam X yang Akan Dihadiri Presiden RI hingga 58 Kerajaan Se-Nusantara

Selain salmon, ada pula bebek asap. Serta, lanjut Radyo, untuk sayurannya, disuguhkan beberapa tumisan sayur. ”Nanti apabila (bebek asap, Red) dimakan bersama mangut itu juga tidak bertabrakan,” sambungnya.

Ada pula satu hidangan utama lainnya yang merupakan menu makan siang sehari-hari Adipati Pakualaman Kedelapan, KGPAA Paku Alam VIII. Yaitu uter-uter tahu yang dimasak dengan santan. ”Namun, santannya ada kocokan telur, juga potongan cabai,” tambahnya.

Rangkaian jamuan makan siang pada resepsi hari pertama ditutup dengan dua hidangan penutup. Pertama, es buah berisi berbagai macam buah-buahan. ”Untuk tamu-tamu VVIP kami menyediakan semacam puding, namanya puding ketan ijo. Kami padukan dengan es krim,” terangnya.

Adblock test (Why?)


Menengok Menu Khusus Para Tamu Dhaup Ageng Pakualaman, Hidangan Utama Mangut Berbahan Salmon - Jawa Pos - JawaPos
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...