Rechercher dans ce blog

Wednesday, January 24, 2024

Jangan di-Skip, Ini Menu Makan Malam Lezat yang Bisa Bantu Bakar Lemak - beautynesia

Banyak orang mengira melewatkan makan malam akan membantu mereka dalam proses menurunkan berat badan. Namun, hal ini keliru, Beauties.

Bukan hanya jenis makanan yang dikonsumsi, waktu makan juga memainkan peran penting ketika kamu sedang diet. Menurut studi tahun 2022 di Penelitian dan Praktik Nutrisi, makan tiga kali sehari, yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam, pada waktu tertentu setiap hari dapat membantu meningkatkan keberhasilan penurunan berat badan.

Penelitian lain menemukan bahwa mereka yang sarapan lebih banyak dan makan malam lebih sedikit mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibandingkan mereka yang makan malam dalam porsi besar.

Selain itu, studi ini juga menyarankan untuk makan setidaknya dua jam terakhir sebelum tidur dan hindari mengonsumsi camilan sebelum tidur dapat membantu membakar lemak.

Namun, memang, ada jenis menu makan malam tertentu yang bisa membantu membakar lemak lebih maksimal. Apa itu?

Menu Makan Malam Terbaik untuk Bantu Bakar Lemak
Ilustrasi salad udang

Menu Makan Malam Terbaik untuk Bantu Bakar Lemak/Foto: Freepik/jannoon028

Meski sedang diet, kamu bisa, kok, tetap menyantap makanan enak tanpa takut berat badan bertambah. Menu makan malam terbaik yang bisa bantu bakar lemak adalah udang, kale, dan lentil yang diolah menjadi salad.

"Tiga bahan utama tersebut memiliki keseimbangan karbohidrat dan protein yang sehat, serta sayuran yang rendah kalori," ungkap Destini Moody, RDN, CSSD, LD, ahli diet terdaftar dan ahli diet olahraga dengan Garage Gym Reviews.

Dengan campuran karbohidrat dan protein yang seimbang serta sayuran rendah kalori, hidangan sederhana namun lezat ini memberikan rasa kenyang dan nutrisi penting. Mengandung protein tanpa lemak dari udang, kale yang kaya nutrisi, dan kacang lentil yang kaya protein, menu ini menciptakan pilihan yang sehat dan memuaskan bagi kamu yang ingin mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Manfaat Mengonsumsi Udang, Kale, dan Lentil
Ilustrasi salad udang

Ilustrasi salad/Foto: Freepik

Kaya Serat

Menu udang, kale, dan lentil kaya akan serat. Seperti diketahui, serat dapat memperlambat pencernaan seperti halnya protein, sehingga ini akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

"Selain itu, perut Anda mendeteksi berapa banyak volume yang dikandungnya, bukan berapa banyak kalori yang Anda konsumsi. Jadi, jika Anda menambah volume pada makan malam Anda dengan sayuran rendah kalori seperti kale dan tomat, Anda bisa merasa lebih kenyang dengan makan malam rendah kalori," ungkap Moody.

Kale memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan sayuran salad lainnya seperti bayam dan selada, yaitu menyediakan 4 gram per 100 gram porsi. Dikombinasikan dengan lentil kaya serat (21 gram per cangkir), salad ini adalah pilihan yang memuaskan dan padat nutrisi yang dapat mendukung tujuan penurunan berat badan sekaligus membuat kamu kenyang.

Kaya Protein

Udang dan lentil menawarkan sumber protein tanpa lemak, makronutrien penting yang diperlukan untuk perbaikan dan pemeliharaan otot serta untuk mencegah rasa lapar. Satu cangkir lentil mentah menyediakan 47 gram protein, sedangkan 100 gram udang mengandung 20 gram.

Salad kaya protein ini akan memberikan rasa kenyang dan bergizi untuk menurunkan berat badan.

Cara Membuat Salad Udang, Kale, dan Lentil
Ilustrasi salad udang

Ilustrasi/Foto: Freepik/jannoon028

Bahan-bahan:

  • 2 cangkir kale (sekitar 15 kalori)

  • 6 ons udang matang (sekitar 144 kalori)

  • ½ cangkir lentil hijau matang (sekitar 338 kalori)

Total kalori: sekitar 497.

Cara Membuat:

  1. Pertama, cuci bersih dan sobek 2 cangkir kale menjadi potongan-potongan kecil, pastikan membuang batangnya yang keras.
  2. Di dalam panci, masak ½ cangkir lentil hijau dalam air atau kaldu hingga empuk namun keras. Kemudian, tiriskan sisa cairan.
  3. Jika udang belum matang, tumis enam ons udang dalam wajan dengan sedikit minyak zaitun hingga berwarna merah muda dan buram.
  4. Dalam mangkuk besar, campurkan kale yang sudah disiapkan, udang matang, dan kacang lentil hijau, aduk hingga tercampur rata.
  5. Untuk menambah nutrisi ekstra ke dalam salad, pertimbangkan untuk memasukkan sayuran tambahan pilihan.
  6. Bumbui dengan garam, merica, dan minyak zaitun opsional atau jus lemon segar untuk menambah rasa.

Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Adblock test (Why?)


Jangan di-Skip, Ini Menu Makan Malam Lezat yang Bisa Bantu Bakar Lemak - beautynesia
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...