Rechercher dans ce blog

Sunday, October 29, 2023

20 Menu Diet Sehat dan Bernutrisi untuk Tubuh, Ada Dada Ayam - detikFood

Jakarta -

Menentukan menu diet sehat merupakan awal yang baik untuk memperbaiki kondisi fisik dan mental. Pilihan menu sehat sebetulnya sangat mudah dan sering kali bisa dibeli dengan harga sangat terjangkau

Tentunya menu diet sehat tak perlu terpaku hanya pada satu jenis makanan. Detikers bisa memadukan dan mengolahnya dengan tidak terlalu banyak garam, gula, lemak, serta tidak terlalu lama.

Lalu, apa saja menu diet sehat? Yuk simak penjelasannya

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

20 Pilihan Menu Diet Sehat

Dikutip dari Medical News Today dan Healthline, berikut menu diet sehat:

1. Almond

Kacang almond kaya akan vitamin E, zat besi, kalsium, dan serat. Makanan ini adalah camilan sehat yang dapat membantumu diet sehat. Kacang almond dapat membuatmu kenyang lebih lama dan mengurangi rasa keinginan untuk makan makanan yang tidak sehat.

2. Kacang Brazil

Kacang Brazil adalah sumber yang kaya akan protein, karbohidrat, dan sebagainya. Tidak hanya itu makanan ini juga mengandung antioksidan bagi tubuh.

3. Oatmeal

Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang baik. Hal ini dapat membantu kadar gula darah tetap stabil dan membuat rasa kenyang yang lebih lama.

4. Bibit gandum

Biji gandum adalah pilihan yang lebih sehat karena mengandung serat, vitamin E, asam folat, dan berbagai nutrisi penting bagi tubuh.

5. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang kaya akan serat, kalsium, kalium, folat, dan fitonutrien yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Oleh karena itu, brokoli menjadi salah satu pilihan untuk menu diet sehat.

6. Apel

Apel adalah sumber antioksidan yang baik. Apel dapat melawan radikal bebas yang dihasilkan oleh tubuh. Mereka menyebabkan perubahan yang tidak diinginkan di dalam tubuh dan dapat berkontribusi pada kondisi kronis, serta proses penuaan. Hal ini membuat apel cocok untuk diet sehat.

7. Daun Kale

Kale adalah sayuran yang sangat bergizi dan merupakan sumber vitamin C dan K yang sangat baik. Kamu dapat mengonsumsinya dengan berbagai cara, baik dimasak atau dijadikan bahan untuk smoothie.

8. Blueberry

Blueberry mengandung serat, antioksidan, dan fitonutrien yang membantu melindungi otak, jantung, dan sistem pencernaan. Mereka juga dapat membantu mencegah penurunan kognitif dan penyakit kardiovaskular.

9. Alpukat

Alpukat mungkin memiliki lemak yang tinggi, namun lemak yang terkandung termasuk lemak yang sehat. Alpukat juga mengandung berbagai vitamin penting, termasuk vitamin B, K, dan E. Selain itu, alpukat dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh Anda.

10. Ubi jalar

Ubi jalar adalah sumber serat makanan, vitamin A, C, B-6, dan kalium. Ubi jalar adalah makanan rendah kalori yang sangat cocok untuk diet sehat.

11. Dada Ayam

Ayam adalah sumber protein yang murah dan juga sehat, asalkan dimasak dengan benar. Kamu dapat mengonsumsi ayam bagian dada karena tinggi protein dan rendah lemak. Hindari mengonsumsi ayam goreng dan mengonsumsi kulitnya karena memiliki kandungan lemak jenuh.

12. Telur

Telur adalah sumber protein serbaguna dan mengandung berbagai vitamin penting seperti B-2, B-12, dan kolin. Oleh karena itu, telur cocok untuk dijadikan menu diet sehat.

13. Ikan

Ikan seperti salmon, trout, makarel, herring, sarden, dan teri adalah sumber asam lemak omega-3 yang tinggi. Hal tersebut baik untuk kesehatan jantung dan sistem saraf Anda. Kamu dapat mengonsumsi ikan ketika melakukan diet sehat.

14. Kentang

Kentang mengandung pati resisten yang dapat membantu menurunkan berat badan. Jika kamu membiarkannya dingin setelah dimasak, kentang akan membentuk pati resisten yang membantu penurunan berat badan.

15. Chia seeds

Chia seeds adalah makanan yang kaya akan serat dan asam lemak omega-3. Hal ini dapat membuat rasa kenyang serta dapat mengontrol berat badan.

16. Greek yogurt

Greek mengandung protein yang baik untuk diet dan bakteri probiotik yang baik untuk pencernaan. Kamu dapat mengonsumsinya ketika melakukan diet sehat.

17. Keju Cottage

Keju cottage merupakan pilihan yang baik untuk asupan protein, dan juga tinggi kalsium. Selain itu, keju jenis ini dapat mengenyangkan, yang membuatnya cocok untuk diet sehat.

18. Pisang

Pisang adalah sumber potasium yang baik, serta mengandung vitamin B6 dan serat yang tinggi. Selain itu, pisang sangat praktis dan mudah untuk dibawa. Hal ini membuat pisang cocok untuk dijadikan snack ketika diet.

19. Wortel

Wortel adalah sayuran yang lezat yang kaya serat dan vitamin K serta antioksidan karoten. Kamu dapat mengonsumsinya ketika makan siang.

20. Kembang Kol

Kembang kol adalah sayuran yang memiliki banyak nutrisi penting dalam tubuh. Kamu dapat memasukkannya ke dalam menu diet sehat.

Dengan memasukkan berbagai makanan sehat ke dalam pola makan sehari-hari, kamu bisa mencapai berat badan ideal dan menekan risiko berbagai penyakit. Tentunya, konsumsi menu diet sehat wajib dibarengi olahraga.

Demikian penjelasan tentang menu diet sehat. Semoga bermanfaat.

Simak Video "Inspirasi Menu Diet Sehat yang Tak Bikin Bosan"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Adblock test (Why?)


20 Menu Diet Sehat dan Bernutrisi untuk Tubuh, Ada Dada Ayam - detikFood
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...