Rechercher dans ce blog

Tuesday, May 30, 2023

8 Menu Sarapan Pagi untuk Diet, Bikin Sehat dan Kenyang - detikFood

Jakarta -

Saat ini sudah banyak masyarakat yang menjalankan program diet agar berat badan seimbang dan tubuh jadi lebih sehat. Karena sedang diet, maka jumlah makanan yang dikonsumsi lebih sedikit.

Sayangnya, hal tersebut membuat sebagian orang memilih tidak sarapan di pagi hari. Alasannya, agar program diet berjalan lancar dan tidak menyebabkan berat badan bertambah.

Nyatanya, hal tersebut tidak dianjurkan karena menyebabkan seseorang menjadi lemas akibat tidak adanya nutrisi dan energi yang diserap tubuh. Maka dari itu, walau sedang diet sebaiknya tetap sarapan pagi.

Penasaran, apa saja pilihan menu sarapan pagi untuk diet? Simak selengkapnya dalam artikel ini yuk detikers.

Menu Sarapan Pagi untuk Diet

Ada banyak sekali pilihan menu sarapan pagi untuk kamu yang sedang diet. Dilansir situs Healthline, berikut delapan menu sarapan pagi untuk diet, bikin sehat dan kenyang.

1. Telur

Pilihan menu sarapan pagi untuk diet yang pertama adalah telur. Sebab, telur mengandung banyak vitamin dan mineral penting, seperti selenium dan riboflavin yang baik untuk nutrisi tubuh.

Selain itu, telur juga kaya akan protein tinggi dan membantu meningkatkan rasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir merasa lapar setelah sarapan pagi.

Kamu bisa mengolah telur dengan cara direbus, diceplok, atau didadar. Semua itu tergantung lagi dengan selera detikers.

2. Pisang

Buah yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang sedang diet. Soalnya, pisang mengandung serat tinggi dan rendah kalori, sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama. So, tak ada salahnya mengkonsumsi beberapa buah pisang saat sarapan.

3. Yoghurt

Yoghurt mengandung banyak manfaat untuk tubuh, sehingga sering dikonsumsi oleh orang yang sedang diet. Perlu diketahui, yoghurt mengandung protein tinggi yang diyakini dapat mengurangi rasa lapar dan mencegah berat badan bertambah.

4. Oatmeal

Apabila bosan sarapan pagi dengan menu-menu yang itu saja, tak ada salahnya detikers mencoba oatmeal. Selain baik untuk kesehatan, oatmeal juga cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang diet.

Sebab, oatmeal mengandung banyak serat yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Lalu, sebuah studi mengungkapkan bahwa menyantap oatmeal sebelum olahraga pagi dapat membantu membakar lebih banyak lemak.

5. Alpukat

Selain pisang, disarankan juga untuk mengkonsumsi buah alpukat sebagai menu sarapan di pagi hari. Menurut sebuah penelitian dari Nutrition Journal, orang dewasa yang mengkonsumsi alpukat secara rutin bisa memiliki berat badan yang lebih rendah, sehingga dapat mencegah obesitas.

6. Smoothies

Smoothies bisa jadi pilihan yang cocok buat kamu untuk sarapan pagi. Rutin mengkonsumsi smoothies dapat meningkatkan asupan serat di tubuh, sehingga bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Saat membuat smoothies, kamu bisa menambahkan kacang, biji-bijian, atau bubuk protein. Namun, jangan sampai jumlah kalori yang dikonsumsi terlalu berlebihan karena tidak baik untuk tubuh.

7. Kopi

Minum kopi tak hanya membuatmu jadi lebih semangat dalam menjalankan aktivitas, tapi juga dapat menurunkan berat badan, lho. Sebab, kandungan kafein di dalam kopi dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak tubuh.

Agar lebih kenyang, sebaiknya konsumsi kopi dengan makanan yang sehat dan bergizi. Selain itu, pastikan juga untuk tidak menambahkan gula atau creamer secara berlebihan, karena dapat menambah jumlah kalori di tubuh.

8. Teh Hijau

Pilihan menu sarapan pagi untuk diet yang terakhir adalah teh hijau. Menurut sebuah studi, teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak di tubuh, sehingga membantu detikers dalam menurunkan berat badan.

Disarankan untuk membuat teh hijau hangat di pagi hari dan diimbangi juga dengan makanan yang bergizi. Kalau bosan, kamu bisa menambahkan perasan lemon, madu, jahe, atau daun mint ke dalam teh hijau agar lebih nikmat.

Nah, itu dia delapan pilihan menu sarapan pagi untuk diet yang sehat dan bikin kenyang. Sebagai pengingat, selain mengkonsumsi makanan bergizi, jangan lupa untuk rutin olahraga dan menjaga pola tidur agar tetap sehat.

Simak Video "Inspirasi Menu Diet Sehat yang Tak Bikin Bosan"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

Adblock test (Why?)


8 Menu Sarapan Pagi untuk Diet, Bikin Sehat dan Kenyang - detikFood
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...