Rechercher dans ce blog

Wednesday, March 15, 2023

Rekomendasi 5 Menu Buka Puasa Sederhana, Ada Kurma dan Kolak - BeritaSatu.com

Jakarta, Beritasatu.com – Bulan Ramadan identik dengan beragam pilihan menu buka puasa dan sahur. Biar tidak bingung, simak rekomendasi menu buka puasa sederhana di bawah ini!

Bulan Ramadan hanya tinggal menghitung hari. Di bulan ini, yang akan paling ditunggu adalah waktu Magrib karena itu saatnya berbuka puasa setelah seharian menahan lapar dan haus.

Advertisement

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan menjelang waktu buka puasa adalah berburu takjil atau makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Takjil bisa dibuat sendiri di rumah, tetapi kalau tidak mau repot ya tinggal beli dari pedagang. Bicara takjil, ada makanan dan minuman yang jadi primadona.

Makanan dan minuman tersebut sebenarnya sederhana, tetapi momen Ramadan yang menjadikan menu buka puasa itu jadi luar biasa karena disantap setelah seharian berpuasa. Apa saja?

Berikut ini adalah rekomendasi menu buka puasa yang sering dibeli di bulan Ramadan:

1. Kurma
Dalam ajaran Islam, dianjurkan untuk berbuka dengan kurma dan air mineral karena itulah yang Nabi Muhammad SAW santap di waktu buka puasa. Selain rasanya yang manis dan khas, kurma juga dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan. Kurma memiliki gula alami yang dapat memberikan energi. Selain itu, kurma juga mengandung kalium dan serat yang baik untuk mengurangi rasa lelah setelah beraktivitas serta melancarkan pencernaan.

2. Es Buah
Es buah merupakan minuman yang terbuat dari buah segar yang dicampur dengan sirop manis dan ditambahkan es batu. Biasanya es buah dibuat dari buah nangka, pepaya, melon, dan semangka yang ditaburi sirop atau susu. Beberapa versi es buah juga telah ditambahkan biji selasih atau agar-agar agar teksturnya lebih menarik.

3. Kolak
Menu buka puasa yang sering dibeli di bulan Ramadan adalah kolak. Makanan ini umumnya dibuat dari potongan pisang, ubi, atau tapioka yang dimasak dengan santan gula merah. Biasanya kolak dibumbui dengan daun pandan, daun salam, dan cengkeh untuk memberikan aroma dan rasa yang lebih khas. Kolak adalah hidangan takjil paling populer di Indonesia karena rasanya yang manis dan mudah disiapkan. Kolak bisa disajikan panas atau dingin sesuai selera.

4. Bubur Mutiara
Bubur mutiara adalah bola-bola mutiara yang terbuat dari tepung ketan lalu dicampurkan ke dalam bubur kacang hijau. Bubur ini sering ditambahkan santan dan gula merah. Bubur mutiara juga bisa disajikan dengan tambahan pisang atau parutan kelapa. Menu buka puasa satu ini juga jadi pilihan takjil paling populer di Indonesia karena rasanya unik dan mudah ditemukan.

5. Air Kelapa
Rekomendasi menu buka puasa terakhir yang tidak kalah populer adalah air kelapa. Air kelapa mengandung elektrolit alami yang membantu menggantikan air dan mineral yang hilang selama berpuasa. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu mengatasi dehidrasi dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Itu dia 5 menu buka puasa yang bisa menjadi pilihan berbuka. Adakah yang jadi favorit?

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Adblock test (Why?)


Rekomendasi 5 Menu Buka Puasa Sederhana, Ada Kurma dan Kolak - BeritaSatu.com
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...