Rechercher dans ce blog

Monday, March 20, 2023

5 Kuliner di Medan yang Jadi Menu Andalan Berbuka Puasa - detikcom

Medan -

Tak terasa kita sudah akan menjalani ibadah puasa Ramadhan tahun ini. Pada momen itu biasanya ada beragam pedagang makanan yang menjual menu berbuka puasa. Nah di Medan sendiri ada menu kuliner yang selalu menjadi andalan keluarga untuk berbuka puasa loh. Berikut detikSumut hadirkan daftarnya

1. Jongkong

Kue Jongkong merupakan cemilan tradisional khas Bangka Belitung. Kue Jongkong ini terbuat dari tepung beras, tepung tapioka, dan santan.

Biasanya kue ini dinikmati dengan balutan saus gula merah, dan daun pandan. Rasa kue ini manis dan memiliki tekstur yang lembut.


2. Toge Panyabungan

Toge Panyabungan adalah makanan khas dari Kota Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara. Sekilas, kuliner ini memiliki tampilan seperti es campur atau es cendor.

Nah bedanya, Toge Panyabungan tidak hanya mengandung santan, gula merah, dan cendol. Tetapi ada juga ketan, pulut hitam, pulut tape, candil, lupis, serta es batu.

Cita rasa yang diberikan kuliner satu ini ialah rasa manis yang mampu menyegarkan kerongkongan detikers hingga menghilangkan dahaga sewaktu puasa.

Toge PanyabunganToge Panyabungan Foto: nizar aldi/detisumut

3. Pakkat

Pakkat merupakan menu kuliner tradisional khas dari Mandailing, Sumatera Utara. Kuliner unik ini berbahan dasar dari pucuk rotan muda.

Biasanya pucuk rotan itu akan dipanggang dengan bara api sehingga isi di dalamnya terasa lunak.

Setelah cukup matang, kulit rotan tersebut dikelas sehingga terlihat seperti ada daging di dalam rotan berwarna putih.

Tak jarang, Pakkat dinikmati dengan mencampurkan cabai mentah yang digiling bersama bawang dan jeruk nipis.

Rasa Pakkat ini memang agak terasa pahit. Namun, lama-lama akan membuat detikers ketagihan loh.

Pakkat, Makanan Khas Ramadan di Labuhanbatu berupa rotan muda yang dibakarPakkat, Makanan Khas Ramadan di Labuhanbatu berupa rotan muda yang dibakar Foto: (Ivone Suryani/d'Traveler)


4. Bubur Pedas Melayu

Bubur pedas ini terbuat dari beragam macam bahan rempah-rempah yang baik bagi kesehatan. Misalnya, kunyit, temu kunci, jintan, serai, temu mangga, serta lainnya.

Selain itu juga dicampur dengan kentang wortel, serta tauge. Hal khas dari bubur ini menghadirkan sayuran anyang yang terbuat dari sayur pakis dan kelapa.

Bubur pedasBubur pedas Foto: Wisata Pontianak/detikFood


5. Lemang Pulut

Lemang Pulut terbuat dari ketan putih yang dibumbui dengan santan. Menu buka puasa satu ini, biasanya dimasak dengan bara api hingga dari baunya sudah menggugah selera.

Tak jarang bahkan Lemang Pulut disantap dengan kuah durian. Lemang ini juga sering diisi dengan berbagai macam daging serta lainnya.

Umumnya, terdapat dua jenis Pulut yang digunakan dalam pembuatan Lemang, yaitu hitam dan putih. Namun, pedagang yang menjual Lemang Pulut lebih banyak memproduksi dengan pulut putih.

Lemang pulut yang terbuat dari ketan ini, diracik dengan santan dan bumbu khas. Kemudian dibakar dalam bambu yang telah dilapisi daun pisang. Lemang ini, bertahan hingga tiga hari tanpa menghilangkan cita rasanya yang khas.

Malamang, tradisi masyarakat Minang menyambut hari-hari besar.Malamang, tradisi masyarakat Minang menyambut hari-hari besar. Foto: Jeka Kampai/detikSumut

Simak Video "Nasi Urap Kak Een Sajikan Menu Nusantara dengan Sambal Setan Juara"
[Gambas:Video 20detik]
(nkm/nkm)

Adblock test (Why?)


5 Kuliner di Medan yang Jadi Menu Andalan Berbuka Puasa - detikcom
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...