Rechercher dans ce blog

Wednesday, March 15, 2023

10 Ide Menu Buka Puasa Sehat, Sederhana dan Hemat Ini Layak Dicoba - Katadata.co.id

Momen yang ditunggu selama bulan Ramadhan adalah berbuka puasa. Banyak orang mempersiapkan berbagai menu lezat untuk buka puasa. Selain lezat, tubuh membutuhkan makanan sehat sebagai nutrisi dan energi. Ide menu buka puasa sehat yaitu menambahkan sayuran, buah-buahan, dan lauk.

Bahan makanan seperti sayuran mudah dicerna oleh tubuh. Ketika puasa, lambung akan beristirahat. Sayuran dianjurkan untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa karena mudah dicerna. Selain sayuran ada buah-buahan yang memiliki rasa manis dan gurih.

Anda bisa membuat smoothies terdiri dari campuran buah, gandum, granola, dan biji-bijian. Bahan smoothies ini dapat mengembalikan energi yang hilang. Salah satu tips berbuka puasa yang benar adalah minum air putih dan kurma terlebih dahulu. Kemudian hindari makan berlebihan ketika berbuka puasa.

Ide Menu Buka Puasa

MANFAAT BUAH KURMA

MANFAAT BUAH KURMA (Unsplash)

Sebagian besar masyarakat Indonesia menghidangkan makanan dan minuman manis untuk buka puasa. Contohnya saja takjil yang dihidangkan sebelum makanan utama. Makanan manis cukup mengenyangkan contohnya saja gorengan dan kolak.

Tetapi, Anda bisa menghidangkan menu buka puasa sehat dan sederhana. Contohnya saja menyediakan kurma sebagai hidangan pembuka. Dalam ajaran Islam, kurma mempunyai kandungan gula untuk mengembalikan energi. Anda bisa memakannya satu sampai tiga kurma untuk berbuka puasa. Selain kurma, berikut rekomendasi menu buka puasa sederhana dan sehat.

1. Pepes Tahu Jamur

Pepes Tahu

Pepes Tahu (Instagram/tommy_immotz)

Tahu dan jamur merupakan bahan makanan yang sehat, murah, dan bergizi. Tekstur tahu dan jamur yang lembut mudah dicerna oleh tubuh. Anda bisa membuat pepes tahu jamur kukus untuk sajian buka puasa. Pepes tahu jamur mengandung protein, serat, karbohidrat, dan lemak baik untuk tubuh.

2. Salad Sayur

Salad sayur terdiri dari sayuran segar dalam satu mangkuk. Anda bisa menambahkan bumbu perasa seperti keju parut dan mayonnaise. Salad sayur baik untuk tubuh karena tinggi serat, vitamin, dan kalori. Sayuran dalam salad terdiri dari mentimun, wortel, paprika, brokoli, jagung, dan sayuran hijau. Anda juga bisa menambahkan potongan daging ayam, ikan, atau kacang-kacangan dalam salad.

3. Salad Buah

Selain salad sayur, Anda bisa menghidangkan salad buah. Bahan salad buah yaitu pisang, potongan buah naga, alpukat, semangka, jeruk, dan jambu biji. Anda juga bisa menambahkan buah lain seperti melon, mangga, nanas, dan lainnya. Salad buah ini mengandung serat yang mudah dicerna oleh tubuh.

4. Sayur Bening

Menu buka puasa sederhana dan murah adalah sayur bening. Bahan membuat sayur bening adalah bayam, potongan wortel, tomat, jagung manis, bawang merah, garam, dan gula. Proses membuat sayur bening cukup mudah. Semua bahan-bahan tersebut dimasukkan dalam air. Kemudian tambahkan garam, gula, bawang merah, bawang putih, dan temu kunci. Sayur bening bisa dihidangkan dengan telur, ayam goreng, ikan, tahu, dan tempe.

5. Nasi Merah

Nasi merah mengandung karbohidrat dan zat besi baik untuk tubuh. Kandungan zat besi dalam nasi merah lebih banyak dibanding nasi putih. Anda bisa menghidangkan nasi merah dengan lauk dan sayur untuk menu buka puasa.

6. Sapo Tahu

Ilustrasi Sapo Tahu Sebagai Makanan Khas China

Ilustrasi Sapo Tahu Sebagai Makanan Khas China (Dreamstime)

Menu buka puasa sehat selanjutnya adalah sapo tahu. Dalam tumis sayuran ini terdapat ikan, daging ayam, dan berbagai sayuran. Kuah sapo tahu rasanya gurih dan segar. Anda bisa membuat sapo tahu untuk memenuhi elektrolit setelah seharian puasa.

7. Sup Kacang Merah

Makanan berkuah selanjutnya adalah sup kacang merah. Minuman ini dapat dihidangkan sebagai menu takjil. Sup kacang merah terdiri dari kacang dan kuah segar manis. Anda juga bisa menambahkan sayuran lain untuk menambah cita rasa.

Advertisement

8. Pecel

Nasi Pecel Madiun

Nasi Pecel Madiun (Instagram/deteksi)

Ide buka puasa paling sehat adalah sayuran. Anda bisa membuat tumis sayuran, sayur bening, dan pecel. Makanan khas Indonesia ini terdiri dari sayuran rebus yang baik dikonsumsi. Isian pecel adalah kangkung, kacang panjang, tauge, dan labu siam. Tambahkan sambal kacang sebagai bumbu di bagian atas sayuran.

9. Sup Ayam Makaroni

Ide menu buka puasa yang baik untuk perut adalah sup ayam makaroni. Sup ini terdiri dari makaroni rebus, irian ayam, sayuran hijau, jamur, dan wortel. Mengutip dari Sayurbox.com, makaroni mempunyai indeks glikemik rendah. Salah satu manfaat makaroni yaitu membuat perut terasa kenyang dalam waktu lama.

10. Gado-Gado

Salad sayur khas Indonesia adalah gado-gado. Makanan sehat ini terdiri dari telur rebus, tahu goreng, dan sayuran rebus. Bagian atasnya ditambahkan sambal kacang untuk perasa. Gado-gado mengandung serat dan vitamin yang baik untuk tubuh. Sedangkan tahu dan telur jadi sumber protein.

Adblock test (Why?)


10 Ide Menu Buka Puasa Sehat, Sederhana dan Hemat Ini Layak Dicoba - Katadata.co.id
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...