Rechercher dans ce blog

Sunday, December 10, 2023

Rekomendasi 15 Menu Diet yang Sehat dan Bernutrisi, Ada Telur Hingga Ikan - detikFood

Jakarta -

Diet merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Namun, masih banyak orang yang tak bisa mengatur pola makannya setiap hari. Alhasil, program dietnya tak berjalan baik.

Agar program diet berjalan lancar, sebaiknya mulai membuat menu diet sehat dan bernutrisi untuk sehari-hari. Hal ini dilakukan agar kamu tak sembarangan memasak makanan yang dikhawatirkan malah menambah berat badan.

Lantas, apa saja menu diet yang sehat dan bernutrisi? Simak rekomendasinya di bawah ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rekomendasi Menu Diet yang Sehat dan Bernutrisi

Mengkonsumsi makanan yang sehat, bergizi, dan bernutrisi tinggi dapat membantu jalannya program diet sekaligus menjaga tubuh agar tetap sehat.

Biar nggak salah pilih, simak rekomendasi menu diet sehat yang dilansir situs Healthline dan Medical News Today di bawah ini:

1. Ayam

Ayam merupakan sumber protein yang sehat asalkan dimasak secara tepat. Saat menjalani program diet, disarankan untuk mengkonsumsi bagian dada ayam karena tinggi protein dan rendah lemak.

Selain itu, hindari mengkonsumsi ayam yang digoreng atau dibakar. Kemudian jangan makan bagian kulit ayam, meski sungguh nikmat dan menggoda namun mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol.

2. Ikan

Mengkonsumsi ikan seperti salmon, mackerel, sarden, hingga herring merupakan sumber asam lemak omega-3 yang tinggi, sehingga bagus dikonsumsi ketika sedang menjalankan diet.

Selain itu, jenis-jenis ikan tersebut juga dapat menyehatkan jantung, menjaga sistem saraf, hingga membantu mengurangi peradangan penyebab obesitas.

3. Telur

Telur merupakan sumber protein serbaguna yang mengandung banyak vitamin penting, mulai dari vitamin B2, B12, hingga kolin. Direkomendasikan untuk mengkonsumsi telur sebagai menu diet harian. Sebab, telur rebus mengandung rendah kalori dan asam amino yang dapat membantu memperlancar metabolisme tubuh.

4. Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe merupakan makanan tradisional khas Indonesia yang digemari banyak masyarakat. Selain enak dan murah harganya, ternyata tahu dan tempe mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh.

Tahu dan tempe kaya akan protein dan antioksidan tinggi. Untuk bisa merasakan manfaatnya, sebaiknya konsumsi tahu dan tempe dengan cara direbus agar kadar gizinya tidak berkurang.

5. Kentang Rebus

Kentang rebus juga menjadi salah satu menu diet yang banyak direkomendasikan sebagai pengganti nasi putih. Soalnya, kentang mengandung pati resisten yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebaiknya konsumsi kentang rebus bersamaan dengan kulitnya. Hal ini dikarenakan kulit kentang dapat membantu mengendalikan nafsu makan sekaligus melancarkan pencernaan.

6. Roti Gandum

Ingin sarapan yang sehat dan bernutrisi? Cobalah mengkonsumsi roti gandum. Tak perlu banyak-banyak, cukup dua irisan roti gandum sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian.

Akan tetapi, jangan konsumsi roti gandum bersamaan dengan susu apalagi menggunakan selai. Sebab, susu dan selai mengandung kalori yang tinggi sehingga dapat mengganggu program diet.

7. Oatmeal

Selain roti gandum, oatmeal juga bisa menjadi pilihan alternatif sebagai menu sarapan. Sebagai informasi, oatmeal mengandung karbohidrat kompleks dan serat tinggi. Hal ini dapat membantu kadar gula darah tetap stabil sekaligus membuatmu merasa kenyang lebih lama.

8. Brokoli Rebus

Brokoli rebus bisa menjadi menu diet yang patut dicoba. Sebab, sayuran hijau ini kaya akan serat, kalsium, kalium, golat, hingga fitonutrien yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

9. Bayam Rebus

Kalau bosan mengkonsumsi brokoli sebagai menu diet, cobalah diselingi dengan bayam rebus. Perlu diketahui, bayam mengandung serat yang tinggi dan juga rendah kalori sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

10. Jamur Rebus

Sayur-sayuran lain yang bisa dicoba sebagai menu diet adalah jamur rebus. Sebagai informasi, jamur mengandung serat yang tinggi serta rendah kalori. Selain itu, mengkonsumsi jamur juga dapat membuatmu kenyang lebih lama, sehingga tak mudah lapar.

11. Wortel Rebus

Sayuran yang satu ini tentu sudah tidak asing. Selain mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, ternyata wortel juga rendah kalori dan dapat membantu membakar lemak di tubuh lebih maksimal.

12. Jagung Rebus

Menu diet yang sehat dan bernutrisi selanjutnya adalah jagung. Perlu diketahui, jagung mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus membuatmu terasa kenyang lebih lama.

Tak hanya itu, jagung juga rendah kalori sehingga baik untuk kamu yang sedang menjalani diet. Usahakan untuk memasak jagung dengan cara direbus bukan dibakar agar kandungan gizinya tidak hilang.

13. Alpukat

Alpukat bisa dimasukkan ke dalam menu diet harian sebagai camilan sehat. Memang alpukat memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, akan tetapi lemak tersebut masuk ke dalam kategori lemak sehat.

Selain itu, alpukat juga mengandung berbagai vitamin penting, mulai dari vitamin B, K, dan E. Lalu, alpukat juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh.

14. Pisang

Selain alpukat, pisang juga baik dikonsumsi untuk kamu yang sedang diet. Sebab, pisang adalah sumber potasium yang baik. Selain itu, pisang mengandung vitamin B6 dan kaya akan serat.

15. Air Putih

Setelah mengkonsumsi makanan dan buah-buahan yang sehat, imbangi juga dengan minum air putih yang cukup. Tahukah kamu bahwa air putih juga dapat membantu menurunkan berat badan, lho.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan harian, dianjurkan mengkonsumsi sebanyak delapan gelas air putih berukuran 230 ml per hari atau jika ditotal sebanyak 2 liter.

Itu dia 15 menu diet harian yang sehat dan bernutrisi. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam menjalani program diet.

Simak Video "Inspirasi Menu Diet Sehat yang Tak Bikin Bosan"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

Adblock test (Why?)


Rekomendasi 15 Menu Diet yang Sehat dan Bernutrisi, Ada Telur Hingga Ikan - detikFood
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...