Rechercher dans ce blog

Sunday, December 31, 2023

13 Ide Menu Bakaran Tahun Baru yang Simpel dan Lezat - Detikcom

Daftar Isi

Makassar -

Pergantian tahun menjadi momen spesial yang dirayakan oleh mayoritas masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Perayaan tahun baru pun menjadi momen untuk berkumpul dengan sanak keluarga atau teman-teman.

Ada banyak kegiatan malam tahun baru yang bisa detikers lakukan untuk menyambut tahun 2024. Salah satunya adalah mengadakan acara bakar-bakaran.

Nah, jika detikers berencana untuk mengadakan acara bakar-bakaran atau BBQ dan bingung harus menyiapkan menu apa, berikut adalah beberapa rekomendasi menu bakaran tahun baru yang mudah dan lezat untuk dinikmati bersama orang terdekat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Simak yuk!

Menu bakar-bakaran tahun baru tidak melulu harus rumit. detikers bisa menghidangkan baik makanan berat ataupun kudapan ringan yang mudah namun tetap lezat.

Berikut beberapa ide bakar-bakaran yang bisa detikers jadikan sebagai pilihan:

1. Jagung Bakar

cara membuat jagung bakar untuk tahun barucara membuat jagung bakar untuk tahun baru Foto: Getty Images/iStockphoto

Jagung bakar adalah salah satu menu bakaran yang paling sering jadi pilihan banyak orang untuk memeriahkan acara tahun baru. Selain rasanya yang lezat, jagung bakar juga sangat praktis untuk diolah.

Jagung bakar bisa disajikan dengan berbagai variasi rasa, mulai dari susu manis hingga pedas manis. detikers juga bisa membakar jagung bakar sambil bercengkerama dengan keluarga atau teman-teman.

2. Ayam Bakar

Ayam Bakar Bu Lian Favorit Gubernur NTBIlustrasi ayam bakar (Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari)

Menu bakar-bakaran selanjutnya adalah ayam bakar. Ayam bakar adalah salah satu makanan yang cocok di segala suasana, termasuk pada perayaan malam tahun baru.

Ayam bakar ini bisa diolah dengan berbagai pilihan jenis bumbu seperti, bumbu rujak, pedas manis, kecap, dan lainnya. Ayam bakar juga sangat cocok dikombinasikan dengan lalapan seperti daun selada dan irisan tomat sebagai penetral rasa pada lidah.

3. Seafood Bakar

tips seafood bakartips seafood bakar Foto: iStock

Selain ayam dan jagung, seafood juga menjadi salah satu menu yang cocok untuk dijadikan menu bakar-bakaran pada perayaan tahun baru. Mulai dari ikan, cumi, tiram, udang, hingga kepiting.

Menikmati seafood bakar akan semakin lezat jika disajikan dengan bumbu seperti kecap manis, sambal, irisan tomat, dan mentimun.

4. Bakso Bakar

20 Bakso Bakar Pedas Manis Ada di Sini20 Bakso Bakar Pedas Manis Ada di Sini Foto: instagram

Ide bakar-bakaran berikutnya yang bisa detikers coba adalah bakso bakar. Cukup siapkan bakso yang sesuai selera, baik berukuran besar maupun kecil kemudian ditusukkan ke tusuk sate.

Oleskan bumbu halus ke seluruh permukaan bakso dan biarkan meresap selama 10 menit. Selanjutnya, bakar bakso sambil terus diolesi agar bumbunya tetap terjaga.

Dalam hal rasa, tak perlu diragukan lagi karena bakso bakar ini memang lezat dan gurih. Cocok dijadikan santapan untuk menyambut pergantian tahun baru.

5. Sosis Bakar

Sosis bakarSosis bakar Foto: iStock

Sosis bakar adalah pilihan yang sederhana dan cocok sebagai ide dalam acara bakar-bakaran pada malam tahun baru. detikers hanya perlu menyiapkan sejumlah sosis dan tusuk sate sesuai kebutuhan.

Selain praktis, sosis tak pernah gagal menggugah selera. Terlebih lagi jika dinikmati dengan cocolan saus sambal atau saus barbeque.

6. Dumpling Bakar

Dumpling BakarDumpling Bakar Foto: YouTube

Olahan ikan ini biasanya dibuat dengan berbagai macam isian, seperti keju dan ayam. Teksturnya kenyal yang cocok dimasak dengan berbagai cara, salah satunya di bakar.

detikers bisa membakarnya dengan cara direbus terlebih dahulu kemudian menusukkan pada tusuk sate sebelum akhirnya siap untuk dibakar.

7. Fish Roll Bakar

Fish Roll BakarFish Roll Bakar Foto: YouTube

Fish roll adalah jenis frozen food berbahan dasar ikan dan tepung. Jenis frozen food ini dapat menjadi salah satu pilihan menu untuk bakar-bakaran pada perayaan tahun baru.

Karena bentuknya yang kecil, maka akan lebih baik jika dibakar dengan cara ditusuk seperti sate.

8. Crab Stick Bakar

Crab Stick BakarCrab Stick Bakar Foto: YouTube

Menu berikutnya adalah crab stick. Crab stick adalah olahan ikan yang dibentuk menyerupai kaki kepiting Jepang.

Umumnya crab stick diolah dengan cara direbus. Namun, saat ini crab stick juga dapat diolah dengan cara dibakar dengan saus marinasi.

9. Otak-otak Bakar

Otak-otak BakarOtak-otak Bakar Foto: Instagram/Istimewa/iStock

Otak-otak juga merupakan salah satu jenis olahan ikan. Rasanya yang gurih dan lezat, membuat kudapan ini cocok untuk dibakar pada perayaan tahun baru.

11. Daging Sapi

Menikmati Steak yang Kaya dengan Bumbu RempahMenikmati Steak yang Kaya dengan Bumbu Rempah Foto: Istimewa

Jika ingin membuat menu bakar-bakaran yang lebih mewah, detikers bisa memilih daging sapi sebagai bahan utama untuk bakar-bakar.

Ada berbagai pilihan jenis olahan daging sapi yang biasanya dibakar seperti sate, steak, iga bakar, dan lainnya.

12. Nasi Bakar

racikan nasi bakar netizenracikan nasi bakar netizen Foto: Istimewa

Nasi bakar bisa menjadi pilihan istimewa untuk menyambut tahun baru. Nasi bakar tidak hanya memberikan cita rasa yang khas tetapi juga suasana istimewa dengan aroma daun pisang dan metode pembakaran yang tradisional.

Untuk membuatnya pun cukup praktis. Nasi matang dan lauk pilihan dibungkus dengan daun pisang, lalu dipanggang di atas bara hingga matang.

Beberapa lauk yang bisa jadi pilihan seperti, ayam suir, ikan, baby cumi atau lauk sesuai dengan selera. Makanan satu ini sangat pas untuk disantap bersama keluarga dan teman-teman pada malam tahun baru.

13. Marshmallow Bakar

Three marshmallows roasting on a stick in front of warm out-of-focus bonfire flames.Three marshmallows roasting on a stick in front of warm out-of-focus bonfire flames. Foto: Istimewa

Setelah berpuas-puasan dengan menu yang gurih dan pedas, saatnya menikmati sajian manis yaitu marshmallow bakar. Sajian manis ini merupakan kudapan ala Barat.

Tak ribet seperti menu lainnya, detikers hanya perlu membeli marshmallow di mini market lalu tusukkan marshmallow ke atas tusukan sate. Panggang marshmallow hingga sedikit meleleh dan marshmallow siap dinikmati.

Itulah beberapa menu bakar-bakar yang bisa jadi referensi detikers untuk merayakan tahun baru. Selamat Tahun Baru 2024!

Simak Video "Kronologi Adik Bunuh Kakak Gegara Dilarang Bawa Pacar ke Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(edr/alk)

Adblock test (Why?)


13 Ide Menu Bakaran Tahun Baru yang Simpel dan Lezat - Detikcom
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...