Rechercher dans ce blog

Tuesday, October 24, 2023

5 Contoh Menu Berkuah untuk Makan Malam, Apa Saja Opsinya? - Mamagini

Bingung nyiapin makan malamMenu berkuah bisa jadi adalah pilihan yang tepat untuk momen tersebut, karena bisa menghangatkan tubuh dan memberi rasa kenyang.

Berikut adalah lima contoh menu berkuah yang bisa Anda coba di rumah:

1. Soto ayam

Menu klasik ini terdiri dari kuah kaldu ayam yang gurih dan segar, ditambah dengan potongan ayam, bihun, kentang, tomat, seledri, bawang goreng, dan sambal.

Baca Juga:Momen Jahil Prabowo Subianto ke Wartawan, Pura-Pura Kabur saatDoorstop

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan merebus ayam bersama bumbu halus seperti bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, ketumbar, dan garam.

Setelah ayam matang, angkat dan suwir-suwir. Saring kaldu ayam dan rebus kembali dengan tambahan daun salam, serai, dan lengkuas. Sajikan soto ayam dengan pelengkap lainnya sesuai selera.

2. Sup krim jagung

Menu ini cocok untuk Anda yang suka rasa manis dan kremi. Bahan utamanya adalah jagung manis yang dihaluskan atau dihancurkan dengan blender.

Campurkan jagung dengan air atau kaldu sayur, susu cair, mentega, tepung terigu, garam, merica, dan gula. Masak dengan api kecil hingga mendidih dan mengental.

Baca Juga:Sebentar Lagi Viral, Ada Tempat Wisata Ciamik yang Hadirkan Air Terjun Buatan Terbesar di Indonesia

Tambahkan potongan wortel atau jamur kalau suka. Sup krim jagung siap dinikmati dengan roti tawar atau kerupuk.

3. Bakso sapi

Menu ini adalah favorit banyak orang, karena rasanya yang enak dan menggugah selera. Bakso sapi terbuat dari daging sapi giling yang dicampur dengan tepung sagu, bawang putih, garam, merica, dan baking powder.

Adonan bakso dibentuk bulat-bulat dan direbus dalam air mendidih hingga mengapung. Kuah bakso dibuat dari kaldu sapi yang dibumbui dengan bawang putih, bawang merah, pala, garam, gula, dan penyedap rasa.

Bakso sapi disajikan dengan mie kuning, tauge, daun bawang, bawang goreng, kecap manis, dan sambal.

4. Tom yam

Menu ini berasal dari Thailand, tapi sudah populer di Indonesia karena rasanya yang pedas dan asam.

Bahan utamanya adalah udang segar yang dibersihkan dan direbus dalam air bersama bumbu seperti serai, daun jeruk, jahe merah, cabai merah, bawang putih, gula merah, garam, saus ikan, dan air jeruk nipis.

Tambahkan juga potongan jamur straw atau jamur enoki untuk menambah tekstur. Tom yam siap disantap dengan nasi putih atau bihun.

5. Rawon

Menu ini khas dari Jawa Timur, yang terkenal dengan kuahnya yang hitam dan harum. Kuah rawon dibuat dari kaldu daging sapi yang direbus dengan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk, garam, gula, dan kluwek.

Kluwek adalah bahan yang memberi warna hitam dan aroma khas pada rawon. Daging sapi yang sudah empuk dipotong-potong dan disajikan bersama kuah rawon. Pelengkapnya adalah nasi putih, tauge rebus, kerupuk udang, sambal terasi, dan bawang goreng.

Adblock test (Why?)


5 Contoh Menu Berkuah untuk Makan Malam, Apa Saja Opsinya? - Mamagini
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...