Rechercher dans ce blog

Monday, September 4, 2023

Yang Ingin Kurus Merapat! 6 Menu Sarapan Ini Paling Cocok buat Bantu Turunkan BB - detikHealth

Jakarta -

Ketika sedang melakukan program penurunan berat badan, menu makanan yang dikonsumsi harus benar-benar diperhatikan. Khususnya menu yang dikonsumsi ketika sarapan.

Mengonsumsi makanan atau minuman yang salah ketika sarapan bisa justru meningkatkan nafsu makan lebih tinggi, bahkan ketika hari belum dimulai. Namun di sisi lain, ada berbagai jenis makanan yang dapat membuat kenyang lebih lama dan meminimalkan mengemil.

Hal ini tentu akan membuat proses penurunan berat badan menjadi lebih mudah. Berikut ini adalah beberapa jenis menu sarapan yang cocok dikonsumsi ketika sedang diet dikutip dari Healthline:

Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang murah dan kaya akan nutrisi. Telur memiliki kandungan protein, vitamin, dan mineral penting seperti selenium dan riboflavin. Tak heran telur dianggap sebagai 'gudang' nutrisi baik untuk tubuh.

Kandungan protein yang tinggi dapat mengurangi nafsu makan saat disantap ketika sarapan. Hal ini meningkatkan penurunan berat badan dengan baik.

Dalam penelitian yang dilakukan pada 30 wanita dengan kelebihan berat badan menunjukkan bahwa konsumsi telur ketika sarapan secara signifikan mengurangi asupan makan pada hari tersebut.

Oatmeal

Oatmeal merupakan pilihan menu sarapan yang sehat dan lezat, terutama ketika dalam program penurunan berat badan. Oat memiliki kandungan kalori yang rendah namun tinggi serat dan protein. Kedua nutrisi tersebut sangat mempengaruhi proses pengendalian berat badan.

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan beta-glukan yang ada di oatmeal dapat menyeimbangkan kadar gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, hingga bakerja mencegah lonjakan dan penurunan yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Pisang

Pisang merupakan jenis buah tinggi serat yang rendah kalori. Jika suka makan makanan manis, pisang bisa menjadi salah satu alternatif menu sarapan ketika diet.

Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 3 gram serat yang setara dengan 12 persen kebutuhan serat harian tubuh. Serat dapat membantu pengosongan perut untuk menunda rasa lapar dan membuat kenyang lebih lama.

Selain itu, pisang mentah juga merupakan sumber pati resisten yang baik untuk mengurangi asupan makanan dan mengurangi lemak di perut. Pisang bisa dikonsumsi secara langsung atau dikombinasikan dengan menu lain seperti oatmeal atau yogurt tanpa gula.

Adblock test (Why?)


Yang Ingin Kurus Merapat! 6 Menu Sarapan Ini Paling Cocok buat Bantu Turunkan BB - detikHealth
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...