Rechercher dans ce blog

Tuesday, September 5, 2023

Setelah Viral Tumis Batu Kolam, di China Muncul Menu Es Batu Bakar - detikFood

Jakarta -

Di China belakangan viral menu nyeleneh berupa tumis batu kolam. Kini muncul menu terbaru berupa es batu bakar yang tak kalah bikin bingung. Bagaimana ya cara memakannya?

Makanan di sebuah negara bisa jadi viral karena keunikannya. Selain makanan tradisional yang memang banyak diperbincangkan, ada juga makanan nyeleneh yang muncul berkat ide-ide gila orang di negara tersebut.

Salah satunya es batu bakar yang tengah viral di media sosial China. Seperti dikutip dari Oddity Central (1/9), menu nyeleneh ini muncul dalam sebuah video singkat yang diambil dari gerai jajanan kaki lima di Nanchang, Provinsi Jiangxi.

Tampak bongkahan es batu besar dimasak di atas bara api dan dibumbui aneka saus dan rempah, kemudian disajikan di piring. Dalam video memang tidak terlihat orang yang memakannya, tapi menu ini seperti laris manis karena ditawarkan di tengah musim panas, apalagi gratis.

Setelah Viral Tumis Batu Kolam, di China Muncul Menu Es Batu BakarDi China viral menu nyeleneh berupa es batu bakar. Foto: Oddity Central

Setelah video es batu bakar viral, media di China pun mencari tahu gerai makanan yang menjualnya. Mereka lalu menemukan pria yang menjadi pencetus ide menu nyeleneh ini.

Ia mengaku iseng dan bercanda dalam menyajikan menu es batu bakar karena ingin membuat orang-orang tak kepanasan saat cuaca terik. Namun ia tak menyangka kalau menu nyeleneh itu malah disukai, jadi ia terus membuatnya.

Menu gratis ini mengundang rasa penasaran banyak orang. Mereka bahkan rela meminta dibuatkan sebelumnya agar tak mengantre.

Lantas es batu bakar termasuk makanan dingin atau panas ya? Menu ini dianggap membingungkan karena meski dibakar di atas api langsung, es batu masih tetap berbentuk utuh dan tidak meleleh.

Cara memakannya pun membuat orang bertanya-tanya. Apakah dengan cara mengulumnya untuk merasakan bumbu lalu mengeluarkannya, atau dimakan dan digigit seperti menikmati es batu biasa? Tak ada orang yang bisa memastikannya.

"Jadi saya harus makan es batu ini dalam keadaan panas, atau ketika sudah dingin?" tanya seorang netizen di Weibo. "Makanan apa ini?" sahut yang lain.

Setelah Viral Tumis Batu Kolam, di China Muncul Menu Es Batu BakarEs batu bakar awalnya dibuat sebagai menu iseng, tapi ternyata mengundang penasaran. Foto: Oddity Central

Sebelum viral menu es batu bakar yang nyeleneh, di Hubei, China juga ada jajanan tumis batu kolam berbumbu. Menu ini punya sebutan lain berupa tumisan cobbles atau SuoDiu.

Bahan utamanya berupa batu kolam yang ditumis bersama bawang putih, daun bawang, jahe, cabe, dan minyak cabai. Setelah ditumis, tampilan batu ini menjadi sangat berminyak dengan warna merah.

Untuk menyantapnya, batu tak benar-benar ditelan. Ternyata hidangan ini hanya untuk dihirup aromanya. Penjual juga mengatakan batu itu tidak perlu dikembalikan alias bisa dibawa pulang sebagai souvenir.

Simak Video "Bikin Laper: Sedap Mantap Mie Los Dol Harga Rp 30 Ribuan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Adblock test (Why?)


Setelah Viral Tumis Batu Kolam, di China Muncul Menu Es Batu Bakar - detikFood
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...