Rechercher dans ce blog

Monday, August 28, 2023

Foie Gras hingga Caviar, 5 Menu Restoran Paling Kontroversial - detikFood

Jakarta -

Foie gras hingga caviar menjadi menu yang kerap ditemui di restoran mewah. Sayangnya, bagi sebagian orang, menu-menu populer itu dianggap tidak etis dan kontroversial karena alasan ini.

Beberapa restoran menawarkan menu unik dan mewah untuk menarik perhatian pelanggan. Pilihan menu, seperti caviar, foie gras, hingga steak yang dipanggang medium rare pun cukup digemari. Bahkan, pilihan makanan itu termasuk ke dalam menu populer.

Meskipun menu tersebut banyak digemari, tetapi banyak juga yang tidak menyukainya. Beberapa pelanggan menganggap menu ini justru tidak etis. Alasannya karena masalah lingkungan, kesejahteraan hewan, dan masalah kesehatan.

Beberapa menu makanan populer pun menjadi kontroversial, terutama bagi masyarakat di negara Amerika Serikat. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut daftar 5 makanan kontroversial, seperti yang dirangkum dari mashed.com (15/08).

1. Foie Gras

makanan mewahFoie Gras atau hati angsa menjadi makanan yang cukup kontroversial. Foto: Getty Images/iStockphoto/YvanDube

Foie gras banyak disajikan di restoran mewah, termasuk restoran-restoran di Indonesia. Foie gras berasal dari hati angsa berlemak.

Sayangnya, bagi sebagian orang, makanan ini disebut yang 'paling kontroversial'. Kemungkinan besar disebabkan karena bahan dasar yang digunakan. Mereka yang kurang setuju dengan hidangan ini khawatir angsa diternak dengan cara kurang baik.

Sebab, untuk memelihara angsa dengan hati berlemak, para peternak perlu memeliharanya dengan metode khusus. Disebutkan bahwa peternak akan memaksa angsa makan menggunakan corong, membuat angsa-angsa ini makan dengan rakus sebelum angsa itu disembelih.

Namun, mereka yang menyukai foie gras berpendapat, proses pemberian pakan dengan metode ini tidak menimbulkan rasa sakit. Selama burung dibesarkan dalam lingkungan baik dan bukan dalam lingkungan peternakan pabrik.

Meskipun demikian, beberapa negara masih melarang produksi foie gras, terutama di Eropa dengan alasan kekejaman terhadap hewan. Beberapa restoran di Amerika Serikat juga sempat melarang penjualan foie gras. Namun, larangan tersebut telah dibatalkan.

2. Gurita

makanan mewahMeskipun hidangan gurita terlihat biasa saja, tetap banyak orang tidak setuju. Foto: Getty Images/iStockphoto/YvanDube

Gurita pun bisa ditemui di restoran, terutama restoran Korea dan Jepang. Bagi masyarakat di beberapa negara, mengonsumsi gurita bukanlah masalah besar. Namun, banyak argumen menentang yang muncul.

Sebuah artikel yang diunggah Spectator menyatakan banyak orang tidak mau memakan hewan ini. Menganggap hewan itu sebagai makhluk dengan kecerdasan tinggi, berperasaan, dan ekspresif. Karenanya memburu dan mengonsumsinya dianggap sebagai perbuatan yang kejam.

Forum Ekonomi Dunia, juga sempat mengungkap peternakan gurita berdampak buruk bagi lingkungan. Namun, gurita tetap menjadi hidangan populer di banyak restoran. Sebagian orang menganggap gurita sebagai makanan lezat hingga mendorong pasar gurita di seluruh dunia untuk memproduksi sekitar 350.000 ton gurita per tahun.

Daftar menu paling kontroversial di restoran bisa dilihat pada halaman selanjutnya!

Simak Video "Bikin Laper: Pizza Autentik Khas Italia di Kemang"
[Gambas:Video 20detik]

Adblock test (Why?)


Foie Gras hingga Caviar, 5 Menu Restoran Paling Kontroversial - detikFood
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...