Rechercher dans ce blog

Wednesday, July 19, 2023

Desa Bilebante Lombok Tengah Juara 1 Nasional Kreasi Menu Bergizi untuk Penurunan Stunting - Tribun Lombok

Laporan Wartawan Tribunlombok.com, Sinto

TRIBUNLOMBOK.COM, LOMBOK TENGAH - Desa Bilebante mencetak prestasi di tingkat nasional yang mengharumkan nama kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Desa tersebut meraih juara pertama kompetisi kreasi menu bergizi untuk makanan pendukung penurunan stunting yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Kreasi menu bergizi ini dilakukan melalui Kampung Keluarga Berencana (KB) Generasi Berkarya.

Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri, SIP mengatakan piagam penghargaan yang diterima atas prestasi Desa Bilebante itu memang dihajatkan untuk Kampung KB Generasi Berkarya, Kabupaten Lombok Tengah.

"Mereka berkreasi olah menu, menu ini jika diasup oleh anak-anak yang kurang gizi dan dikategorikan stunting bisa memenuhi kriteria untuk tidak stunting," ucap Bupati saat menerima piagam penghargaan di ruang kerjanya belum lama ini.

Pathul menjelaskan, menu yang meraih juara ini tentu telah diuji kandungan gizinya oleh tim penilai.

"Ini akan kita kolaborasikan di Dikes (Dinas Kesehatan) dan puskesmas sehingga asupan gizi ini bisa menyelesaikan kondisi stunting di Lombok Tengah," ujarnya.

Di sisi lain, bupati menargetkan penurunan angka stunting di Lombok Tengah pada 2024 bisa ada di angka 14 persen, sesuai dengan standar nasional.

"Hari ini angka stunting kita 17 persen. Semoga pada tahun 2024 bisa turun diangka 14 persen," tandasnya.

Sampai dengan bulan Februari 2023, angka stunting di Lombok Tengah adalah 17,40 persen atau 15.956 berdasarkan data EPPGBM.

Data ini sudah diverifikasi oleh Provinsi NTB, karena di wilayah NTB mengacu ke Data EPPGBM yang dientry total coverage by name by address dari data pengukuran setiap bulan oleh Posyandu.

(*)

Adblock test (Why?)


Desa Bilebante Lombok Tengah Juara 1 Nasional Kreasi Menu Bergizi untuk Penurunan Stunting - Tribun Lombok
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...