Rechercher dans ce blog

Thursday, June 29, 2023

Bikin Kenyang 5 Jenis Seafood Ini Cocok Jadi Menu Diet Tiram dan Scallop Bisa Turunkan Berat Badan - TribunJatim.com

TRIBUNJATIM.COM - Hidangan laut kaya akan kandungan mineral dan asam lemak omega-3; yang tak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh.

Berbagai nutrisi dalam seafood bermanfaat untuk menjaga kesehatan berbagai organ vital tubuh; seperti jantung dan perkembangan otak.

Tak hanya itu, beberapa jenis seafood tertentu bisa dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.
 
Kalorinya yang rendah, serta kadar protein yang tinggi membuatnya sangat pas disantap sebagai menu diet.

Beberapa nutrisi pada seafood juga berkaitan dengan hormon yang mengendalikan nafsu makan kita. 
 
Berikut telah TribunJatim.com rangkum, lima jenis seafood yang dapat menurunkan berat badan dan direkomendasikan untuk menu diet, apa saja?


 
1. Ikan halibut
 
Tahukah kamu, ternyata ikan halibut yang dikukus bisa lebih mengenyangkan ketimbang oatmeal dan sayuran yang kaya serat, lho.

Sebuah studi dari Australia yang dipublikasikan dalam European Journal of Clinical Nutrition, ikan halibut berada di ranking kedua makanan yang mengenyangkan --persis di bawah kentang rebus.
 
Studi lain dalam Journal of Nutrition juga menemukan, protein tinggi dalam ikan berdaging putih ini sama mengenyangkannya dengan daging sapi dan ayam.

Serta, pengaruh hidangan laut ini terhadap peningkatan hormon serotonin, hormon penting yang berperan dalam mengatur sinyal nafsu makan.

2. Tiram
 
Tak hanya berfungsi sebagai makanan afrodisiak, tiram rupanya dapat membantu menurunkan berat badan.

Konsumsi dua buah tiram bisa membuat kita mengurangi asupan kalori hingga sebesar 43, dan memenuhi keburuhan harian zat besi sebanyak 21 persen.

Kekurangan asupan zat besi diketahui dapat meningkatkan gen yang memicu kenaikan berat badan.
 
Lebih lanjut, tiram adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan zinc.

Nutrisi tersebut bekerja bersama hormon leptin, yang berperan mengendalikan nafsu makan.
 
3. Salmon
 
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Obesity menemukan, konsumsi 141 gram ikan salmon per minggu sebagai bagian diet rendah kalori bisa menurunkan berat badan sebanyak 900 gram dalam empat minggu.
 
Disarankan pula untuk memilih jenis ikan salmon liar, yang kandungan lemaknya lebih rendah ketimbang salmon ternak.

4. Scallop
 
Seafood bertekstur lunak yang tinggi protein dan rendah kalori ini bisa membantu menurunkan berat badan, serta kadar kalori tubuh.

Sebuah penelitian dalam Journal of Food Science mengungkapkan, kapsul bioactive yanh yang terbuat dari scallop menunjukkan adanya efek antiobesitas yang efektif.
 
Selain itu, studi lain yang dilakukan terhadap tikus juga mengungkapkan, konsumsi protein scallop mampu menurunkan kolesterol darah dan tingkat obesitas.
 
5. Ikan cod

Mengonsumsi jenis ikan pacific cod juga bisa membantumu menurunkan berat badan.
 
Banyak penelitian yang mengklaim bahwa ikan cod adalah jenis ikan yang paling menyehatkan.

Riset yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrition, Metabolism and Cardiovascular Diseases menunjukkan, makan lima porsi ikan cod per hari, selama delapan minggu bisa menurunkan berat badan sebesar 1,7 kg, bila dibandingkan dengan diet tanpa ikan.
 
Konsumsi ikan cod saat makan siang juga diketahui dapat membuat santapan makan malam jadi lebih sedikit, bila dibandingkan dengan konsumsi daging sapi.

Adblock test (Why?)


Bikin Kenyang, 5 Jenis Seafood Ini Cocok Jadi Menu Diet, Tiram dan Scallop Bisa Turunkan Berat Badan - TribunJatim.com
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...