Rechercher dans ce blog

Wednesday, May 24, 2023

Lolos Seleksi Menu Nusantara, 54 Katering Makkah Dipilih Sediakan Makanan Jemaah Haji | merdeka.com - Merdeka.com

Merdeka.com - Uji kompetensi juru masak dan demo masak menu nusantara dilakukan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) untuk menyeleksi depur katering yang akan menyediakan makanan untuk jemaah haji Indonesia. Hasilnya, 54 Katering terpilih untuk melayani jemaah selama di Makkah.

Berdasarkan hasil seleksi itu, PPIH Arab Saudi mengontrak 54 perusahaan/dapur katering. Kepala Daker Makkah, Khalilurrahman menjelaskan prosesnya.

taboola mid article

"Kita kumpulkan dapur katering untuk kembali menyamakan persepsi menu masak harian bercita rasa nusantara yang sudah ditentukan oleh Tim Penyedia Konsumsi," ujarnya pada acara praktik memasak menu nusantara di Makkah, Selasa (23/5).

Hadir, Sekretaris Daker Makkah Tawwabuddin, Kasi Katering Daker Makkah Beny Darmawan, Petugas pengawas katering Dadang Suratman dari praktisi Seni Kuliner (Poltekpar NHI Bandung).

Kegiatan ini diikuti seluruh penanggung jawab dan juru masak 54 dapur penyedia katering, dan digelar dua hari, 23-24 Mei 2023. Hari pertama, demo masak dilakukan 27 dapur katering. Sementara 27 dapur lainnya mengikuti demo masak pada hari kedua. Dapur-dapur katering ini akan mulai memberikan layanan sejak awal kedatangan jemaah haji Indonesia di Makkah pada 2 Juni 2023.

Dijelaskan Khalil, selama di Makkah, jemaah akan mendapatkan tiga kali makan setiap hari. Terdiri atas sarapan, makan siang, dan makan malam.

Untuk sarapan pagi, ada tiga jenis menu utama, yaitu: 1) Nasi Uduk dan Orek Tempe Cabe; 2) Nasi Goreng dan Teri Kacang Balado; dan 3) Nasi Kuning dan Telur Dadar Daun Bawang Cabe Merah.

Untuk makan siang, ada empat varian menu utama yang dipraktikkan, yaitu: 1) Ikan Patin Goreng Bumbu Rajang dan Tumis Timun Wortel; 2) Ayam Goreng Saus Mentega dan Tumis Wortel Kacang Polong; 3) Ikan Tuna Cabe Hijau dan Terong Balado; dan 4) Ikan Patin Bumbu Balado dan Tumis Jamur Cabe Hijau.

Sementara untuk makan malam, ada tiga jenis menu utama yang dipraktikkan, yaitu: 1) Ikan Fillet Dori Goreng dan Terong Balado, 2) Daging Sapi Lada Hitam dan Kentang Mustofa; dan 3) Ayam Gulai dan Oseng Tempe Cabe Merah.

"Menu bercita rasa nusantara ini kita sajikan agar bisa dinikmati oleh jemaah haji Indonesia selama di Makkah," kata Khalil yang ikut mencicipi masakan saat seleksi. [bal]

Baca juga:
Kedatangan 390 Jemaah Haji Kloter 1 Indonesia di Madinah
Memudahkan Jemaah Haji, Kursi Roda Hingga Tak Perlu Angkut Koper
Makna Tawaf 7 Putaran dalam Ibadah Haji, Pahami Syarat dan Keutamaannya
Menhub Pastikan Kesiapan Layanan Penerbangan Jemaah Haji 2023 Aman

Adblock test (Why?)


Lolos Seleksi Menu Nusantara, 54 Katering Makkah Dipilih Sediakan Makanan Jemaah Haji | merdeka.com - Merdeka.com
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...