Rechercher dans ce blog

Wednesday, May 24, 2023

Jadi Sorotan! Alat Makan untuk Menu Halal dan Nonhalal Bercampur - detikFood

Jakarta -

Aspek kehalalan makanan jadi hal penting untuk para muslim. Karenanya ketika ditemukan alat makan untuk menu halal dan nonhalal bercampur, hal ini jadi sorotan.

Seperti diberitakan Mothership SG (22/5), unggahan netizen bernama Nasir Uddin di grup Facebook Complaint Singapore jadi sorotan. Ia memperlihatkan rak untuk pengembalian alat makan di food court bercampur jadi satu antara halal dan nonhalal.

"Kita harusnya mengembalikan nampan sesuai dengan peruntukannya dan menghargai soal agama. Halal dan Nonhalal bercampur," tulisnya di keterangan foto yang diunggah pada 19 Mei 2023.

Diketahui lokasi kejadian ada di food court pusat belanja FairPrice Hub di dekat stasiun MRT Joo Koon, Singapura. Untuk alat makan menu halal berwarna hijau terang, sementara nonhalal warna putih.

Jadi Sorotan! Alat Makan untuk Menu Halal dan Nonhalal BercampurNetizen mengunggah potret alat makan halal dan nonhalal bercampur. Foto: Facebook Complaint Singapore via Mothership SG

Dari foto yang diunggah Nasir, terlihat ada beberapa alat makan warna putih yang berarti nonhalal, justru ada di rak yang diperuntukkan bagi alat makan halal. Kontaminasi ini tentunya mengkhawatirkan muslim.

Di kolom komentar unggahan Nasir, terlihat netizen memberikan pandangan beragam. Seorang netizen menduga kekeliruan mungkin dilakukan orang asing, seperti turis, yang menaruh alat makan di rak yang tidak semestinya.

Lalu ada juga netizen yang mengatakan kalau praktik mengembalikan nampan dan alat makan sendiri bukanlah hal umum di negara lain. Karenanya pengunjung bisa jadi bingung akan praktik ini.

Seorang netizen juga menuliskan pendapatnya. Ia menduga hal ini bisa terjadi karena rak untuk alat makan nonhalal sudah penuh sehingga orang yang ingin mengembalikan ke tempat semestinya beralih menaruhnya di rak alat makan halal.

Jadi Sorotan! Alat Makan untuk Menu Halal dan Nonhalal BercampurAlat makan nonhalal berwarna putih terlihat ada di rak alat makan halal. Foto: Facebook Complaint Singapore via Mothership SG

Mendapati hal ini, pihak FairPrice pun angkat bicara. Juru bicara perusahaan meyakinkan publik kalau pegawai mereka dilatih untuk mematuhi prosedur yang ketat soal menangani alat makan halal dan nonhalal.

Kedua alat makan tersebut bakal diproses dan dibersihkan secara terpisah. "Kami ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan pengunjung di foodcourt kami untuk mengembalikan nampan mereka ke stasiun nampan yang sesuai setelah selesai makan," kata juru bicara FairPrice.

Pihaknya juga mengatakan sudah menempatkan petugas kebersihan di setiap titik pengembalian nampan. Mereka bertugas memandu dan memastikan pengunjung mengembalikan nampan ke rak yang tepat.

Tak hanya itu, pegawai food court juga akan berkeliling area food court untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali. Hal ini demi menciptakan lingkungan bersantap yang nyaman bagi pengunjung muslim dan nonmuslim.

Simak Video "Kunci Kelezatan Iga Bakar Bumbu Rempah Khas Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Adblock test (Why?)


Jadi Sorotan! Alat Makan untuk Menu Halal dan Nonhalal Bercampur - detikFood
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...