Rechercher dans ce blog

Monday, May 8, 2023

Asal-usul Mie Gacoan dan Hilangnya Nama Menu yang Menyeramkan - Detikcom

Daftar Isi

Surabaya -

Mana nih yang baru penasaran dengan Mie Gacoan atau yang sudah jadi langganan? Berikut ini ulasan singkat mengenai kedai mie yang dikenal enak dan murah itu.

Mengutip detikFinance, Mie Gacoan merupakan anak usaha dari PT Pesta Pora Abadi. Kedai mi ini berdiri pada awal 2016.

Kedai Mie Gacoan telah tersebar di Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Bali. Bahkan satu kota bisa lebih dari satu restoran.

Mie Gacoan:

1. Asal-usul Nama Mie Gacoan

Nama Mie Gacoan diambil dari kata Gaco yang artinya jagoan/andalan dalam bahasa Jawa. Kedai mi ini mengusung konsep bersantap modern dengan harga yang affordable.

Maka tak heran jika kehadiran Mie Gacoan mencuri perhatian. "Mie Gacoan hadir untuk melayani puluhan ribu pelanggan setiap bulannya," berikut yang tertulis di laman perusahaan.

Mengutip detikFood, jaringan restoran mi murah meriah itu menamai menunya Mie Iblis, Mie Setan, Es Tuyul, hingga Es Pocong. Namun semua nama menu itu sudah berubah per 1 Februari 2023.

Melalui akun Instagram @mie.gacoan, mereka memperkenalkan nama menu baru yang tidak lagi memiliki konotasi negatif. Sehingga bisa memenuhi kriteria untuk mengurus sertifikasi halal.

Mie Angel yang tidak menggambarkan hal buruk juga ikut diganti. Varian mi tidak pedas itu namanya menjadi Mie Suit.

Mie Setan yang terkenal dengan rasa pedasnya berubah nama menjadi Mie Hompimpa. Lalu Mie Iblis yang juga sudah populer berubah nama menjadi Mie Gacoan.

Perubahan nama juga terjadi pada menu minuman. Es Genderuwo menjadi Es Gobak Sodor, Es Pocong menjadi Es Petak Umpet, Es Tuyul menjadi Es Teklek, dan Es Sundel Bolong menjadi Es Sluku Bathok.

3. Cara Daftar Franchise Mie Gacoan

Mie Gacoan memberikan kesempatan untuk franchise. detikers bisa berkomunikasi dengan pihak Mie Gacoan terkait program kemitraannya melalui website resminya di www.miegacoan.com. Berikut langkah-langkah untuk menghubungi pihak Mie Gacoan.

  • Kunjungi laman www.miegacoan.com.
  • Klik menu "Contact" yang berada di pojok kanan atas.
  • Isi data yang diperlukan seperti nama, email, nomor telepon, dan pesan yang ingin disampaikan ke pihak Mie Gacoan.
  • Lalu tekan kirim

Selain melalui website resmi, detikers juga dapat menghubungi Mie Gacoan melalui media sosial lainnya seperti Instagram, WhatsApp, Twitter, Facebook, Email, atau TikTok.

Walaupun tata cara dan harga franchise belum tercantum dengan jelas, detikers dapat menghubungi pihak Mie Gacoan untuk informasi lebih lanjut.

4. Sederet Masalah yang Pernah Menerpa Mie Gacoan

Pada Desember 2022, gerai Mie Gacoan di Jalan Raya Puspiptek Raya Tangerang Selatan (Tangsel) disegel Satpol PP. Hal itu lantaran pengelola Mie Gacoan tak dapat menunjukkan izin.

"Pas kita tanyakan sejauh mana izinnya, katanya KRK (Keterangan Rencana Kota). Kemarin kita tungguin di lokasi nggak bisa ditunjukin, katanya ada di PTST (Pelayanan Terpadu Satu Pintu), ya sudah kita segel saja dulu," ujar Kepala Bidang Penegakan Perundangan-undangan Satpol PP Kota Tangsel Taufik Wahidin dikutip detikFinance, Kamis (22/12/2022).

Sebelumnya, masalah serupa terjadi di gerai Mie Gacoan yang ada di Bogor. Bukan cuma satu, namun ada tiga gerai yang bermasalah di Bogor, mulai dari gerai di Jalan Raya Cilendek, Jalan Raya Pajajaran, dan juga Jalan Raya Tajur.

Masalah perizinan juga terjadi di gerai Mie Gacoan yang ada di Bandung. Hal itu terjadi pada Agustus 2022. Penyegelan gerai Mie Gacoan dilakukan di kawasan Gatot Subroto, Kota Bandung oleh Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi, dan Tata Ruang (Disciptabintar) Kota Bandung.

Di bulan yang sama, juga sempat heboh soal Mie Gacoan yang tidak memiliki sertifikasi halal. Daryl Gumilar selaku juru bicara PT Pesta Pora Abadi yang menaungi bisnis Mie Gacoan sampai menyampaikan permintaan maaf atas terjadinya kegelisahan terkait dengan proses sertifikasi halal yang sedang berjalan.

Dia menegaskan tak ada niatan buruk dari pihak Mie Gacoan. Pihak Mie Gacoan mengaku akan mulai mengurus sertifikat tersebut dan berusaha dan bersinergi agar proses ini berjalan sesuai harapan.

"Justru kami sangat sadar bahwa sertifikasi halal ini menjadi penting bagi konsumen kami semua," tuturnya.

Dulu, Mie Gacoan tidak memenuhi salah satu kriteria Sistem Jaminan Halal (SJH) yang telah ditetapkan oleh LPPOM MUI. Kriteria tersebut adalah penggunaan nama. Dalam kriteria disebutkan bahwa nama produk tidak boleh menggunakan nama yang tidak baik atau mengarah pada hal yang menggambarkan kekufuran dan kebatilan.

Nama yang dimaksud termasuk nama dengan unsur setan, iblis, neraka, jahanam, dan lainnya. Lalu nama dengan unsur porno atau vulgar, juga nama yang mengandung unsur haram seperti bir, wine, soju, dan lainnya. Maka dari itu, mereka mengubah semua nama menunya untuk mengurus sertifikasi halal. Baik nama makanan maupun minuman.

5. Kericuhan di Gerai Mie Gacoan Surabaya

Video kericuhan di gerai Mie Gacoan, Jalan Ambengan, Surabaya viral di media sosial. Kericuhan disebut terjadi antara driver ojol dengan karyawan restoran.

"Menurut info ada kesalahpahaman antara ojol dan karyawan gacoan," demikian narasi dalam video viral yang dilihat detikJatim, Senin (8/5/2023).

Dalam video terlihat bagaimana kericuhan di restoran itu terjadi. Terlihat seorang pria mengangkat sebuah kursi lalu naik ke atas meja.

Manajer Gacoan Ambengan Surabaya Fauzi Budi membenarkan terjadinya peristiwa itu. Dia mengatakan bahwa peristiwa itu terjadi kemarin, Minggu (7/5) pukul 16.00 WIB.

"Iya kemarin, di sini, sekitar jam 4 sore," ujar Fauziketika ditemui detikJatim.

Simak Video "Ricuh Ojol Vs Karyawan Mie Gacoan Kotabaru Yogyakarta!"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/dte)

Adblock test (Why?)


Asal-usul Mie Gacoan dan Hilangnya Nama Menu yang Menyeramkan - Detikcom
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...