Rechercher dans ce blog

Friday, May 5, 2023

Agar Mendunia Usai Festival Rujak Uleg, Rujak Cingur Akan Jadi Menu Wajib di Hotel-Hotel di Surabaya - Surya.co.id

SURYA.CO.ID, KOTA SURABAYA - Ada yang baru dalam Festival Rujak Uleg di Surabaya, Sabtu (6/5/2023) nanti. Pemkot Surabaya telah menyiapkan perlombaan rujak uleg kategori khusus yang akan diikuti para hotel di Surabaya.

Melalui kategori menu Rujak Uleg, peserta dari kalangan perhotelan dapat berinovasi membuat kreasi menu makanan khas Surabaya tersebut.

"Misalnya dari sisi tampilan. Hotel bisa melakukan kreasi menu terhadap rujak cingur tanpa meninggalkan ciri komponennya," kata Kepala Bidang Pariwisata Disbudporapar Surabaya, Farah Andita Ramdhani di Surabaya, Jumat (5/5/2023).

Nantinya, pemkot juga berharap masing-masing hotel menjadikan rujak cingur sebagai menu wajib yang disajikan di restoran. Sehingga, tamu yang datang dapat ikut menikmati sekaligus melestarikan makanan yang masuk dalam warisan tak benda ini.

"Sehingga tidak hanya festival kemudian selesai. Namun, hotel-hotel ini bisa terus menyajikan rujak cingur ini kepada tamu hotel," terang Farah.

Pada festival yang akan berlangsung di Jalan Kembang Jepun tersebut, Pemkot Surabaya juga berkolaborasi dengan hotel untuk menghadirkan pengunjung. Para tamu hotel akan diajak ke festival yang telah masuk dalam kalender wisata nasional tersebut.

Pemkot telah menyiapkan fasilitas berupa shuttle bus bagi hotel. Khususnya, yang lokasinya jauh dari titik acara. Event ini sekaligus menjadi promosi wisata bagi tamu hotel.

"Ada sekitar 20 hotel yang bekerjasama dengan sistem bundling dengan festival ini. Hotel yang berkolaborasi dengan pemkot ada di tengah kota, seperti di kawasan Jalan Tunjungan hingga lokasi acara," jelas Farah.

Para tamu hotel nantinya akan menempati tribun khusus. Diharapkan, tamu hotel bisa menikmati rujak Uleg hingga berbelanja produk merchandise di lokasi. Karena di tempat ini, pemkot menyiapkan stand khusus yang menjual kaos, gantungan kunci, hingga merchandise lainnya yang diproduksi oleh UMKM.

"Harapannya, event ini bisa berimbas terhadap peningkatan ekonomi. Khususnya, pada okupansi hotel di Surabaya,” ujar Farah.

Untuk diketahui, Festival Rujak Uleg yang akan berlangsung di Jalan Kembang Jepun, Sabtu (6/5/2023), berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk kali pertama, festival yang menjadi rangkaian Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-730 tersebut masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Dengan predikat tersebut, berbagai kalangan dijadwalkan hadir. Di antaranya sejumlah kepala daerah, para duta besar negara sahabat hingga wisatawan asing.

"Selain dibuka langsung oleh Bapak Wali Kota (Eri Cahyadi), acara ini juga akan dihadiri Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa, Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan 6 kepala daerah yang ada di Gerbang Kertasusila,” kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Heri Purwadi.

Para tamu akan ikut membuat racikan rujak cingur di atas cobek raksasa. Jumlah cobek raksasa yang disiapkan pun berbeda. Apabila sebelumnya hanya satu cobek, tahun ini ada tiga cobek sekaligus.

Satu cobek berdiameter 2,5 meter dan dua cobek lainnya berdiameter 2 meter. "Para tamu akan ikut menguleg rujak di atas cobek bersama-sama," ungkap Heri. *****

Adblock test (Why?)


Agar Mendunia Usai Festival Rujak Uleg, Rujak Cingur Akan Jadi Menu Wajib di Hotel-Hotel di Surabaya - Surya.co.id
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...