Rechercher dans ce blog

Friday, April 21, 2023

Tips Sehat Menikmati Menu Lebaran, Cocok bagi Mahasiswa - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Saat lebaran, umat Muslim merayakan hari kemenangan usai menjalankan ibadah puasa selama satu bulan. Berkumpul dengan sanak saudara menjadi tradisi yang turun temurun.

Selain itu, momen ini juga ditandai dengan adanya menu lebaran yang menggugah selera. Ada opor ayam, rendang, oseng ati, gulai, kue kering, dan berbagai macam makanan khas lebaran lainnya.

Akan tetapi, menu-menu di atas memiliki kadar lemak dan kolesterol yang sangat tinggi. Sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan dengan intensitas waktu yang sering, maka akan dapat mengganggu.

Atau menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi, hipertensi hingga diabetes.

Baca juga: 7 Cara Mencegah Kolesterol Naik Saat Lebaran dari Dosen UM Surabaya

Melansir laman Kementerian Kesehatan, berikut ini tips sehat menikmati menu lebaran. Info ini cocok bagi siswa, mahasiswa atau masyarakat umum.

Meski memiliki kadar kolesterol, lemak, hingga gula yang cukup banyak dalam hidangan lebaran, bukan berarti kita tidak boleh memakannya sama sekali.

Berikut ini adalah beberapa tips sehat untuk menikati hidangan lebaran, diantaranya adalah:

Porsi makanan diperhatikan

Poin penting dalam menikmati hidangan lebaran adalah dengan memperhatikan dan mengatur porsi makan.

Konsumsi makanan secara berlebihan dan abai pada porsi makanan, akan berdampak tidak baik pada kesehatan tubuh.

Konsumsi sayur dan buah

Tips kedua ialah kamu harus mengonsumsi sayur dan buah yang cukup akan dapat mengimbangi kolesterol dalam tubuh dan melancarkan sistem pencernaan. Akan tetapi bukan alasan untuk tetap makan secara berlebihan.

Minum air putih yang cukup

Hindari minuman softdrink atau minuman alkohol, karena hal tersebut akan lebih meningkatkan kadar gula dalam tubuh, sehingga kemungkinan untuk terkena diabetes akan meningkat.

Maka dari itu, minuman paling sehat ialah dengan memperbanyak minum air putih sebagai pengganti minuman manis.

Baca juga: Dosen UMM Beri Tips Cek Keamanan Mobil Saat Mudik Lebaran

Tetap jaga kesehatan dan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan selama berkumpul bersama kerabat untuk mencegah penularan atau paparan Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Adblock test (Why?)


Tips Sehat Menikmati Menu Lebaran, Cocok bagi Mahasiswa - Kompas.com - KOMPAS.com
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...