Rechercher dans ce blog

Tuesday, March 28, 2023

Rekomendasi Menu Takjil Sehat dan Nikmat untuk Buka Puasa dari Smoothies Buah hingga Sup - Tribun Flores

TRIBUNFLORES.COM- Menu berbuka puasa biasanya didominasi oleh beragam makanan manis. Memang, ada makanan manis yang sehat. Sayangnya, sebagian mengandung terlalu banyak gula tambahan.

Saat menjalankan ibadah di bulan Ramadan anda harus memilih-milih menu buka puasa sehat. Dilansir dari laman hellosehat.com, dijelaskan bahwa makanan yang terlalu banyak mengandung gula tidak baik.

Makanan jenis tersebut dapat meningkatkan risiko sejumlah gangguan kesehatan, seperti kenaikan berat badan berlebih hingga diabetes.

Makanan manis dipilih sebagai menu buka puasa karena bisa mengembalikan energi dengan cepat. Namun, Anda tetap perlu memperhatikan kandungan gizinya.

Baca juga: 10 Rekomendasi Menu Buka Puasa Enak dan Murah untuk Anak Kos

Beberapa jenis makanan buka puasa tinggi akan gula dan karbohidrat, tapi mengandung sedikit protein, vitamin, atau mineral.

Agar tubuh kembali berenergi dan tetap sehat, berikut beberapa pilihan menu buka puasa yang bisa Anda coba.Pola makan yang sehat bisa menjaga kondisi tubuh saat berpuasa sehingga anda dapat menjalani ibadah pada bulan Ramadan ini dengan optimal. Apa saja menu buka puasa yang baik bagi kesehatan?

1. Smoothies buah
Manisnya segelas smoothies bisa menghilangkan dahaga seketika. Minuman ini biasanya dibuat dari campuran yoghurt atau susu dengan potongan buah segar. Bahkan, penggemar smoothies juga kerap bereksperimen dengan menambahkan sayuran.

Bila Anda ingin smoothies yang sehat, pilihlah susu atau yoghurt yang rendah lemak dan gula. Tidak perlu tambahan gula karena buah yang Anda gunakan sudah memiliki rasa manis. Menu buka puasa sehat ini punya keunggulan dibandingkan jus biasa.

Kandungan serat smoothies cukup tinggi sehingga satu gelas saja sudah bisa menghilangkan rasa haus dan lapar. Kalorinya pun tidak banyak, yakni sekitar 200–300 kkal untuk setiap sajian.

Baca juga: 3 Tempat Berburu Takjil Paling Ramai di Kota Maumere Jelang Buka Puasa

2. Kolak pisang tanpa santan
Berbuka puasa rasanya tidak lengkap tanpa kolak. Bagi Anda yang tidak suka makanan bersantan atau takut mengonsumsi kolak karena kandungan santannya, jangan cemas. Anda bisa mengganti santan dengan bahan lain yang lebih menyehatkan.

Alih-alih menggunakan santan sebagai bahan kuah kolak, coba gantilah dengan susu. Pilihlah susu skim yang kandungan lemaknya lebih rendah.

Anda juga dapat mengganti gula merah dengan pemanis buatan yang rendah kalori. Pemanis buatan akan membuat menu takjil buka puasa ini terasa manis, tetapi tetap aman untuk mengontrol kadar gula darah Anda.

3. Lumpia buah basah
Menu buka puasa sehat yang satu ini sama seperti lumpia basah pada umumnya, tetapi isi lumpia diganti dengan buah-buahan.

Baca juga: Warga Berburu Takjil di Pasar Inpres Larantuka

Adblock test (Why?)


Rekomendasi Menu Takjil Sehat dan Nikmat untuk Buka Puasa dari Smoothies Buah hingga Sup - Tribun Flores
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...