Rechercher dans ce blog

Monday, March 27, 2023

Kicak Sampai Lamang, 5 Menu Takjil Unik Khas Indonesia - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Negara Indonesia itu mempunyai beberapa makanan unik yang bisa dijadikan menu takjil untuk berbuka puasa

Menu takjil banyak ditemukan dalam momen tertentu. Salah satunya ketika umat muslim sedang melalukan kegiatan ngabuburit menunggu buka puasa.

Seperti diketahui, ngabuburit menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari umat muslim sambil menunggu buka puasa. 

Biasanya takjil unik itu banyak ditemukan di sejumlah daerah Indonesia. Selain unik, rasanya juga tergolong nikmat.

Kicak

Buat kamu yang baru saja mendengan menu takjil yang bernama kicak ini, pasti kamu akan terheran-heran dengan namanya yang unik. 

Sebab menu takjil unik bernama kicak ini selain namanya unik, masalah rasa pun tidak boleh kamu ragukan nih ya teman-teman. 

Menu takjil unik itu adalah salah satu jajanan tradisional khas dari kota Yogyakarta, Dulu, menu kicak ini dibuat dari bahan dasar singkong. 

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, kini menu takjil kicak banyak diolah dari ketan yang dicampur dengan kelapa parut, gula, vanili, garam, daun pandan masak, dan potongan kecil buah nangka.

Pokoknya dengan balutan rasa ketan yang gurih, berpadu dengan kerenyahan parutan kelapa, ditambah rasa manis dari gula membuat takjil satu ini nikmat banget buat kamu santap di kala buka puasa di bulan ramadhan. 

Bubur Kampiun

Bubur kampiun ini juga merupakan menu takjil unik ala Indonesia, yang mana bubur sumsum di taburi dengan kolak, ubi, pisang, candil, bubur delima hingga ketan hitam yang bercampur menjadi satu mangkok, yang begitu nikmat ketika di santap.

Bubur kampiun ini adalah olahan makanan khas Minangkabau, nah menu takjil itu isinya sangat komplit dan juga dapat dengan mudah kamu temukan di kota-kota lain di Indonesia.

Mengapa dinamakan bubur kampiun, karena pencipta bubur ini menang dalam kontes lomba memasak di tahun 60an, jadi disebut sebagai kampiun. 

Saksikan video pilihan berikut ini: 

2 dari 2 halaman

Es Palu Butung Dan Es Pisang Ijo

Menu takjil Es Palu Butung dan juga Es Pisang Ijo merupakan dua menu takjil unik yang begitu terkenal di Sulawesi Selatan. 

Meskipun dengan nama yang berbeda, akan tetapi kedua menu takjil itu sama-sama terbuat dari bahan dasar pisang. 

Meskipun menu takjil khas daerah ini sama-sama terbuat dari pisang, es palu butung dan juga es pisang ijo memiliki perbedaan, tetapi mudah ditemukan kok.

Yang menjadi pembeda dari dua menu takjil unik itu adalah, Kalau Es palu butung itu tidak memiliki lapisan kulit berwarna hijau.

Tapi kalau es pisang ijo itu memiliki lapisan kulit berwarna hijau yang terbuat dari tepung beras. 

Nah sisanya itu ya tinggal menambahkan es serut, sirup cocopandan, dan susu kental manis aja deh sebagai pelengkapnya, pokoknya rasanya mantap banget deh teman-teman. 

Es Selendang Mayang

Menu takjil Es Selendang Mayang ini adalan menu khas dari Betawi, yang memiliki rasa yang sangat segar manakala di seruput. 

Nah Es Selendang Mayang ini juga merupakan minuman takjil unik ala Indonesia, dengan rasa yang menggugah selera dan pasti membuat rasa haus dan lapar kamu hilang seketika deh teman-teman setelah kamu menyantapnya.

Lamang

Menu takjil lamang ini ada tiga macam loh teman-teman, ada Lomang Batak, Lemang Melayu dan Lamang Minangkabau. 

Tiga nama di atas adalah sebuah nama yang diucapkan dan ditulis mirip untuk menunjukkan nama makanan khas satu ini. Lamang merupakan metode memasak beras menjadi nasi dengan menggunakan wadah bambu yang kemudian dibakar. 

Nah kamu udah tahu belum nih cara menyantap menu takjil yang unik itu, cara menyantapnya itu ada dua cara. 

Yang pertama itu, lamang bisa dicocol dengan tapai hitam atau diiris tipis, dan yang Kedua itu bisa dimakan bersama selai srikaya ataupun selai durian. Perpaduan air ketan hitam dan lamang yang gurih memberikan sensasi tersendiri di lidah kamu loh. 

Itulah lima menu takjil unik ala Indonesia yang harus kamu ketahui, semoga bermanfaat. 

Adblock test (Why?)


Kicak Sampai Lamang, 5 Menu Takjil Unik Khas Indonesia - Liputan6.com
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...