Rechercher dans ce blog

Sunday, January 1, 2023

Creamy Segar Kopi Frappe, Apa Bedanya dengan Frappuccino? - detikFood

Jakarta -

Frappe menjadi salah satu menu kopi yang populer di coffee shop. Rasanya creamy dan dingin segar, cocok untuk yang tak begitu suka rasa pahit.

Kopi merupakan minuman yang menjadi favorit banyak orang. Bahkan, minum kopi sudah menjadi gaya hidup yang digandrungi anak muda dan dewasa.

Jenis kopi yang ditawarkan oleh coffee shop terdiri dari beberapa varian menu. Ada yang menggunakan coffee based dengan bahan espresso dan campuran berbagai bahan.

Menu frappe termasuk ke dalam varian coffee blend. Racikan kopi bubuk dengan es batu dan bahan minuman lainnya. Lantas, apa itu kopi frappe?

Dilansir dari Sip Coffee House, kopi frappe memiliki banyak variasi tergantung pada barista atau coffee shop. Aslinya varian menunini berasal dari Yunani, yaitu cafe frappe.

Fakta Kopi FrappeFakta Kopi Frappe Foto: iStock

Baca Juga: 7 Racikan Kopi Tradisional yang Unik Ini Cuma Ada di Indonesia!

Resep aslinya dibuat dari dua sendok makan kopi instan, air dingin, es batu, dan gula secukupnya. Penggunaan susu dalam racikan frappe merupakan pilihan, tergantung lebih menyukai minuman yang creamy atau tidak.

Bahan-bahan tersebut kemudian dikocok menggunakan jigger atau gelas pengocok koktail hingga minuman memiliki tekstur berbusa. Saat ini, sebagian besar racikan frappe biasanya diblender.

Cara meracik minuman menggunakan blender ini pastinya lebih praktis dan menghemat waktu. Frappe yang modern juga kerap dicampur dengan aneka sirup, perasa, bahkan alkohol.

Fakta Kopi FrappeFakta Kopi Frappe Foto: iStock

Kopi frappe juga biasanya ditambahkan topping oleh beberapa coffee shop. Seperti topping es krim, milk foam, dan krim kocok.

Baca Juga: 8 Bahan Ini Bisa Bikin Racikan Kopi Makin Enak

Tak hanya cara meraciknya, tapi banyak juga coffee shop yang tidak menggunakan bubuk kopi instan. Melainkan diracik dengan kopi tetes atau espresso.

Bagaimana dengan frappuccino? Banyak orang beranggapan kalau frappe dan frappuccino adalah varian kopi yang sama. Padahal keduanya merupakan racikan yang berbeda.

Frappuccino merupakan menu yang diperkenalkan oleh gerai Starbucks. Pada tahun 1992, seorang karyawan dari The Coffee Connection, pengecer kopi yang berbasis di New England, mengembangkan minuman baru dan menarik untuk memenangkan persaingan.

Minuman itu disebut frappuccino yang adalah campuran dari frappe dan cappuccino. Sama seperti frappe aslinya, es kopi ini terdiri dari susu, gula, kopi, dan es, namun bedanya semua dicampur dalam mesin yogurt beku. Metode unik ini menghasilkan minuman yang teksturnya lembut.

Baca Juga: 3 Racikan Kopi Populer di Dunia Ini Gampang Dibuat

Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Kopi Toraja Secara Tradisional"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Adblock test (Why?)


Creamy Segar Kopi Frappe, Apa Bedanya dengan Frappuccino? - detikFood
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...