Rechercher dans ce blog

Monday, September 11, 2023

4 Masakan Rumahan Tanpa Digoreng yang Cocok Jadi Menu Diet - beautynesia

Memiliki tubuh yang langsing menjadi impian banyak orang. Untuk mewujudkan impian tersebut, tak sedikit orang yang rela melakukan diet dengan cara mengurangi atau mengubah pola makan. Misalnya, lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, serta mengurangi asupan kalori. 

Sayangnya, sebagian besar orang sering kali berpatokan pada menu diet ala kebarat-baratan saja yang terkadang harganya mahal dan bahan-bahannya pun sulit untuk ditemukan di pasar Indonesia. Ditambah lagi, kadang kala rasanya pun belum tentu cocok di lidah orang Indonesia. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena menu diet ala kebarat-baratan ini bisa diganti dengan makanan tradisional Indonesia, lho. Ya, Indonesia juga punya makanan tradisional yang cocok untuk dijadikan menu diet dan pastinya lebih murah, mudah dibuat di rumah, serta cocok di lidah. Apa saja menu diet dari makanan Indonesia yang bisa bantu turunkan berat badan? Keep scrolling, Beauties!

Pepes Tahu

makanan Indonesia untuk diet
makanan Indonesia untuk diet/Foto: food.detik.com

Kamu pecinta tahu? Kalau begitu, makanan Indonesia berupa pepes tahu ini bisa menjadi salah satu menu diet harian kamu. 

Melansir dari Fat Secret Indonesia, dalam satu bungkus pepes tahu mengandung protein 5,71 gram protein dengan jumlah kalori yang rendah, yakni hanya sekitar 63 kalori saja. Maka dari itu, pepes tahu cocok untuk dijadikan menu diet kamu. 

Gado-gado

Gado-gado/Foto: food.detik.com

Selain pepes tahu, gado-gado juga bisa menjadi menu diet kamu. Pasalnya, makanan khas Betawi ini mengandung banyak serat yang berasal dari sayuran hijau dan tauge rebus di dalamnya. 

Tak hanya itu saja, ada juga kentang sebagai sumber karbohidrat dan telur rebus, serta bumbu kacang sebagai sumber protein yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian kamu sekaligus membuat perut terasa kenyang lebih lama. Jumlah kalori dalam gado-gado juga termasuk rendah, yakni 132 kalori saja. 

Namun, jika ingin mengurangi jumlah kalori dalam gado-gado, kamu bisa menghindari tambahan lontong atau nasi yang biasanya disajikan bersama makanan tradisional Indonesia ini. 

Karedok
Resep Karedok Sunda

Foto: iStock

Memiliki bentuk yang mirip dengan gado-gado, karedok termasuk salah satu makanan Indonesia untuk diet. Bedanya, makanan khas Sunda ini terdiri dari sayuran mentah, seperti tauge, kacang panjang, timun, kemangi, kol, dan terong yang disajikan dengan siraman bumbu kacang di atasnya.

Dalam 100 gram porsi karedok mengandung 125 kalori sehingga cocok dijadikan menu diet selagi tidak dikonsumsi berlebihan.

Urap
Resep Urap Sayur Jawa

Urap/ Foto: detikfood/odilia

Jika gado-gado dan karedok disajikan dengan bumbu kacang, sayur-sayuran rebus dalam urap disajikan bersama kelapa parut yang sudah disangrai dan dibumbui. 

Untuk menambah kelezatan urap, biasanya makanan khas Jawa ini ditambahkan bumbu, seperti kencur, terasi bakar, cabe merah, gula jawa, bawang merah, dan bawang putih. Semua bumbu ini dihaluskan, lalu dicampurkan ke dalam kelapa parut sangrai. 

Dilihat dari kandungan di dalamnya yang terdiri dari berbagai sayuran rebus, urap sangat cocok dijadikan menu diet. Jumlah kalorinya pun terbilang lebih rendah dibandingkan gado-gado dan karedok, yakni 112 kalori dalam 100 gram urap. 

Itu dia empat menu diet makanan Indonesia yang bisa bantu turunkan berat badan. Murah meriah dan sangat mudah dibuat di rumah, bukan?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)

Adblock test (Why?)


4 Masakan Rumahan Tanpa Digoreng yang Cocok Jadi Menu Diet - beautynesia
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...