Rechercher dans ce blog

Thursday, August 17, 2023

Sushi Bukan Asli Jepang dan Pizza Menu Orang Miskin, Ini 5 Sejarah Makanan Populer - detikFood

Jakarta -

Pizza hingga sushi menjadi makanan populer di dunia. Rasanya juga sudah familiar di lidah banyak orang. Namun, makanan populer ini sebenarnya punya asal usul berbeda. Seperti apa ya?

Banyak sekali variasi makanan yang bisa ditemukan saat ini. Diantaranya, ada makanan-makanan paling populer yang terkenal di dunia. Kepopulerannya itu pun membuat bentuk dan rasa makanan ini familiar di lidah banyak orang. Makanan populer di dunia termasuk pizza, hot dog, teh, hamburger, hingga cokelat.

Namun, pernahkan terlintas bagaimana asal usul dari makanan populer ini? Sejumlah makanan populer memiliki tampilan dan rasa berbeda dari yang diketahui saat ini. Seperti 5 makanan ini yang aslinya tidak seperti dikira. Merangkum, ranker.com (14/04/22), begini asal usul 5 makanan populer di dunia.

1. Pizza

Chef Muto Ungkap Tips Bikin Pizza Meat Lovers Seenak Buatan RestoranPizza awalnya merupakan menu orang miskin. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Saat ini banyak restoran pizza menawarkan pizza berbeda. Misalnya, pizza Italia yang punya adonan lebih tipis dan pizza ala Amerika dengan adonan lebih tebal.

Sejak zaman Mesir kuno, Yunani, dan Romawi, sebenarnya pizza telah hadir dalam beberapa bentuk dan jenis. Dahulu, pizza pada umumnya dibentuk dengan adonan mirip roti pipih (flatbread) atau focaccia. Namun, pizza yang lebih populer sekarang dibuat di Naples, Italia, sekitar abad ke 19.

Naples dikenal sebagai kota dengan pemasukan rendah. Oleh karena itu, masyarakatnya sering mencari makanan murah. Pada suatu saat, seseorang memutuskan memberi topping pada adonan flatbread dan menjualnya di seluruh kota.

Melihat hal ini, masyarakat Italia yang lebih berbudaya saat itu memandang rendah cara makan tersebut. Namun orang Neapolitan tampaknya tidak keberatan dengan ide pemberian topping di atas roti pipih itu.

Raja Italia Umberto I dan Ratu Margherita bahkan sempat mengunjungi Neples pada tahun 1889. Mereka ingin mencicipi beberapa masakan otentik Neapolitan. Ratu Margherita dikabarkan sangat menyukai salah satu adonan flatbread yang dilengkapi mozarella, tomat, dan basil. Akhirnya makanan itu disebut sebagai pizza margherita.

Seiring berjalannya waktu, imigran Neapolitan membawa pizza mereka dan mulai membuka toko pizza pertama di Amerika Serikat, khususnya kota New York. Sejak saat itu, pizza terkenal sampai sekarang.

2. Teh

Teh Hitam. Secangkir teh hitam mengandung sekitar 47 mg kafein. Teh hitam dengan kafein yang tidak terlalu tinggi ini bisa jadi alternatif. Namun, tak semua teh mengandung kafein, contohnya teh herbal.Berbagai variasi teh, termasuk teh hitam datang dari tanaman yang sama. Foto: Getty Images/Esin Deniz

Berbagai varietas teh, mulai dari teh hitam, hijau, oolong, hingga teh putih berasal dari tanaman yang sama bernama Camelia sinensis. Ketika teh dipanen, rasanya akan berubah.

Menurut legenda, teh ditemukan pada tahun 2.700 SM ketika kaisar China Shen Nung bersantai di bawah pohon. Pelayannya sedang merebus air untuk dia minum. Beberapa daun dari tanaman Camellia sinensis tidak sengaja tertiup ke dalam rebusan air ini. Kaisar pun mencoba rebusan air daun itu dan ketagihan.

Selain ditambah dengan perasa lain, teh relatif memiliki rasa yang tidak berubah sejak pembuatannya ribuan tahun lalu.

Sejarah makanan populer lain ada pada halaman selanjutnya!

Simak Video "Bikin Laper: Makan Nasi Liwet Sambel Dadak "
[Gambas:Video 20detik]

Adblock test (Why?)


Sushi Bukan Asli Jepang dan Pizza Menu Orang Miskin, Ini 5 Sejarah Makanan Populer - detikFood
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...