Rechercher dans ce blog

Monday, July 3, 2023

Pedagang Warteg Khawatir Olahan Daging Ayam Hilang dari Daftar Menu Bila Harga Ayam Tak Turun - TribunJakarta.com

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Para pedagang Warung Tegal (Warteg) khawatir olahan ayam bakal hilang dari daftar menu bila harga daging ayam yang kini sudah mencapai Rp60 ribu per ekor tidak kunjung turun.

Ketua Komunitas Warteg Nusantara (Kowantara), Mukroni mengatakan pihaknya khawatir bila harga tidak kunjung turun maka para pedagang tidak lagi mampu membeli daging ayam.

Hal ini berkaca pada kasus lonjakan daging sapi pada tahun 2022 lalu yang membuat banyak pedagang Warteg terpaksa menghapus olahan daging sapi dari daftar menu.

"Takutnya Warteg tidak jualan ayam karena mahal. Dulu jual daging rendang, semur sapi, sekarang sudah tidak jualan, terus nanti tidak jualan ayam," kata Mukroni saat dikonfirmasi, Senin (3/7/2023).

Bukan tanpa sebab, dengan harga ayam yang sekarang mencapai Rp60 ribu per ekor untuk ukuran 1 hingga 1,2 kilogram saja pedagang Warteg sudah kelabakan untuk merogoh modal.

Sehingga bila pemerintah tidak segera menurunkan harga daging ayam, para pedagang Warteg khawatir mereka tidak lagi mampu membeli daging ayam untuk disajikan sebagai menu.

"Kasihan rakyat bawah tidak bisa makan bergizi karena mahalnya daging ayam. Rakyat kecil inginnya makan daging, tidak sanggup makan beton infrastruktur," ujarnya.

Baca juga: Pedagang Warteg Kecilkan Menu Olahan Daging Ayam Imbas Harga Capai Rp60 Ribu Per Ekor

Mukroni mengungkapkan, akibat harga ayam yang melonjak para pedagang warteg harus mengecilkan porsi daging olahan ayam, hal ini sebagai siasat karena mereka tidak bisa menaikkan harga.

Para pedagang Warteg memilih untuk sementara tidak menaikkan harga menu karena pertimbangan daya beli masyarakat yang belum pulih dari dampak pandemi Covid-19.

"Tapi kalau naik terus kami akhirnya naikan harga walau di tengah daya beli belum pulih. Karena kalau dipotong kecil-kecil bisa ukurannya kaya sate, masa ayam goreng seukuran sate," tuturnya.

Baca artikel menarik lainnya TribunJakarta.com di Google News

Adblock test (Why?)


Pedagang Warteg Khawatir Olahan Daging Ayam Hilang dari Daftar Menu Bila Harga Ayam Tak Turun - TribunJakarta.com
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...