Rechercher dans ce blog

Monday, July 3, 2023

Patut Dicoba! 5 Menu Sarapan Bergizi yang Praktis Tunjang Aktivitas Anda Bikin Kenyang dan Bugar sampai Siang - Jawa Pos - JawaPos

JawaPos.com - Sarapan ternyata memiliki manfaat yang besar terutama dalam menunjang kebugaran dalam aktivitas. Melalui menu sarapan yang bergizi, maka aktivitas dapat dilakukan secara optimal sepanjang hari dengan mood yang bagus.

Namun, sebagian masyarakat melewatkan sarapan bergizi dengan alasan kesibukan atau tidak sempat, karena waktu yang mepet sebelum berangkat beraktivitas.

Akibatnya perut menjadi lapar dan akan mencari makanan yang manis serta tinggi lemak. Padahal pengganti sarapan bergizi dengan makanan semacam itu bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Kaleb Ramot Gemilang dari Dewa United Banten jadi MVP IBL 2023

Untuk menyikapinya, dilansir Jawa Pos dari Kementerian Kesehatan, anda dapat membuat sarapan bergizi yang praktis dan mudah dibuat seperti contoh berikut:

1. Salad atau gado-gado
Salad merupakan menu sarapan sehat sebagai opsi bagi anda yang sibuk. Jenisnya antara lain gado-gado yang terdiri dari campuran sayur-sayuran rebus seperti kangkung, tauge, mentimun, dan selada.

Agar lebih kenyang dan sedap, anda bisa menambahkan lontong plus bumbu kacang yang tidak berlebihan. Satu porsi standar gado-gado (tanpa saus kacang berlebihan) menghasilkan 337 energi.

Untuk variasi, tambahkan protein bertekstur seperti ayam panggang. Sediakan juga yogurt, madu, atau mayones rendah kalori sebagai variasi saus siraman.

2. Roti isi
Roti isi bisa menjadi opsi menu sarapan sehat paling mudah dan hemat waktu. Anda cukup menyediakan roti gandum dan melengkapinya dengan sayuran seperti selada, sawi, timun, atau tomat, lalu tambahkan pilihan protein seperti daging, telur, atau ikan sesuai selera.

Baca Juga: Menarik Ditunggu, Mitsubishi Motors Bakal Kenalkan SUV Baru di GIIAS 2023

Sebagai saran, usahakan anda menggunakan roti gandum karena lebih bergizi daripada roti biasa dan membuat kenyang dalam waktu lama. Dengan begitu tubuh jadi lebih berenergi saat beraktivitas hingga siang.

3. Smoothies
Menu sarapan sehat dan berenergi lainnya yang praktis adalah smoothies. Caranya mudah, yaitu siapkan blender, lalu campur buah, sayur, dan biji-bijian untuk mendapatkan asupan nutrisi seimbang bagi tubuh.

Buah dan sayurannya tidak perlu muluk-muluk, cukup buah musiman atau yang tersedia di tukang sayur maupun penjual buah sekitar anda. Sebagai contoh, smoothie dari dua buah pisang ambon, sepotong nanas, ditambah oatmeal dan madu bisa menghasilkan 494 energi.

4. Overnight oats
Overnight oats juga termasuk menu sarapan yang cepat dan mudah. Jenis makanan dari gandum ini kaya akan serat beta glucan yang membuat anda lebih cepat kenyang, sekaligus menurunkan kadar kolesterol hingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Adblock test (Why?)


Patut Dicoba! 5 Menu Sarapan Bergizi yang Praktis Tunjang Aktivitas Anda, Bikin Kenyang dan Bugar sampai Siang - Jawa Pos - JawaPos
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...