Rechercher dans ce blog

Friday, May 12, 2023

30 Menu Masakan Sehari-hari untuk 1 Bulan yang Murah Ala Rumahan - detikFood

Jakarta -

Banyak orang terutama ibu-ibu yang bingung berpikir tentang menu makan siang enaknya apa ya? Atau masak apalagi ya besok biar nggak bosen?

Nah, artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi lho. Tim detikFood telah merangkum apa saja menu makanan sehari-hari orang Indonesia yang cocok untuk dimakan bersama keluarga. Intip nama menu masakan rumahan di bawah ini yuk!

Rekomendasi Daftar Menu Masakan Sehari-hari untuk Keluarga

Dihimpun dari e-book bertajuk variasi Menu untuk Satu Bulan oleh Sisca Soewitomo, berikut merupakan daftar rekomendasi 30 nama menu masakan sehari-hari sederhana, murah untuk 1 bulan:

1. Kangkung Bumbu Kemiri

Menu makanan ini merupakan kreasi dari tumis kangkung biasa, yakni menggunakan tambahan racikan kemiri untuk menghasilkan aroma khas yang nikmat. Makanan ini sangat cocok untuk dijadikan menu masakan sehari-hari murah untuk keluarga.

2. Sambal Goreng Tempe Udang

Sambal goreng bisa divariasikan dengan bahan udang segar dan tempe. Supaya lebih nikmat, aneka rempah seperti daun salam, lengkuas, bawang-bawang, garam, cabai, hingga penyedap perlu ditambahkan ya.

3. Ayam Goreng Kremes

Membuat ayam goreng tentu cukup mudah bukan? Nah, supaya ayam gorengya nggak gitu-gitu aja bisa ditambahkan kremesan.

Kremesan untuk ayam goreng bisa dibuat dengan menggunakan tepung sagu dan tepung beras, yang ditambahkan sedikit baking powder.

4. Pepes Tahu

Bahan untuk pepes tahu sangatlah mudah ditemukan di pasaran apalagi harganya pun bisa dibilang murah.

Memepesnya menggunakan bungkusan daun pisang supaya bisa menghasilkan aroma yang khas. Selain dikukus, pepes tahu juga bisa dibakar.

5. Ayam Panggang Bumbu Ketumbar

Ayam pangang atau ayam kecap ini juga termasuk olahan ayam yang banyak disukai. Nah supaya lebih harum aromanya, kamu bisa menambahkan racikan bumbu ketumbar. Ayam perlu diungkep dulu bersama bumbu ketumbar, baru setalah itu bisa dibakar.

6. Kangkung Teri Asin

Olahan tumis kangkung yang nikmat lainnya ada kangkung teri asin. Sayuran hijau ini memang banyak cocok dikreasikan dengan berbagai bahan lain.

Jika ingin tidak terlalu asin, terinya bisa kamu rendam dahulu. Menambahkan bumbu terasi dan cabai juga akan menambah kenikmatan makanan rumahan simple ini.

7. Sayur Bening

Menu masakan sehari hari yang hemat selanjutnya ada sayur bening. Bahanya pun tidak ribet dan baik juga untuk kesehatan. Pasalnya, bahan utamanya terdiri dari sayur-sayuran.

8. Nasi Iga Bumbu Kecap

Iga bakar kecap manis bisa jadi salah satu pilihan makanan rumahan lezat lainnya. Resep iga bumbu kecap terdiri dari daging iga yang sudah dipotong,bawang-bawangan, air garam, kecap, dan beberapa rempah lainnya.

9. Sambal Tempe

Sambal tempe merupakan masakan sederhana dan murah untuk dimakan sehari-hari. Kamu bisa sesuaikan dengan selera kamu, mau buat sambal tempe super pedas atau sambal tempe pedas manis.

10. Sayur Asem

Sudah bukan rahasia umum lagi, kalau sayur asem adalah menu masakan rumahan sehari-hari orang Indonesia yang simple. Bakal lebih enak lagi kalau dimakan pakai nasi, sambal, serta tempa dan tahu goreng.

11. Tempe Penyet

Olahan tempe lainnya yang bisa kamu kreasikan adalah tempe penyet ala rumahan yang sederhana. Kamu bisa menggunakan sambal cabai biasa, samba ijo, atau sambal matah.

12. Pepes Cumi

Sama dengan membuat pepes pada umumnya, kamu bisa membuat pepes cumi dengan tambahan telur, tahu, dengan daun kemangi untuk menambah aroma supaya lebih nikmat.

13. Sup Ayam Makaroni

Sup ayam makaroni bisa jadi pilihan menu masakan sehari hari untuk anak yang sehat. Selain rasa kuahnya yang gurih, masakan ini juga dikenal punya banyak nutrisi karena banyak ditambahkan sayuran.

14. Telur dan Terong Balado

Telur dan terong balado termasuk makanan lokal Indonesia yang berbahan dasar cabai merah dengan paduan rempah. Bumbu baladonya bisa dibuat pedan atau pedas manis, sesuai selera.

15. Daging Masak Bumbu Kuning

Ada juga menu masakan sehari-hari dari bahan daging, yakni dengan dimasak bumbu kuning. Daging yang biasa digunakan adalah daging sapi, di mana bumbu kuningn khasnya berasal dari warna kunyit.

16. Udang Goreng Mentega

Olahan udang selanjutnya bisa digoreng dengan mentega dan tambahan sayuran. Udang goreng mentega bakal cocok banget untuk dijadikan menu makan siang yang enak lho.

17. Tumis Tauge Ikan Asin

Tumis Tauge Ikan Asin merupakan menu masakan hemat yang bahanya mudah didapatkan. Selain itu, proses memasaknya pun cukup sederhana, yakni dengan cara ditumis saja.

18. Perkedel Tempe

Kalau biasanya perkedel bahanya dari kentang, kamu bisa bikin versi lainnya dengan menggunakan tempe. Untuk menambah kesan pedas, kamu bisa tambahan potongan cabai dalam adonan perkedelnya.

19. Cumi Goreng Tepung

Bahan utama menu ini yaitu cumi segar dan tepung terigu. Teksturnya yang kriuk dan garing akan sedap jika dimakan dengan nasi putih yang hangat.

20. Sate Ayam

Bahan untuk membuat satu ayam terdiri dari daging ayam dan bumbu pelengkapnya, seperti bumbu kacang ataupun bumbu kecap.

21. Sup Telur Asam Pedas

Sup telur asam pedas adalah salah satu makanan rumahan yang simple tapi enak. Kuahnya yang hangat, membuat makanan ini akan sangat nikmat jika disantap saat cuaca dingin.

22. Tempe Mendoan

Tempe Mendoan merupakan makanan Indonesia yang berasal dari Jawa.

Tempe mendoan ini merupakan tempe yang digoreng setengah matang dengan tekstur yang sedikit agak lembek. Biasanya, orang memakan tempe mendoan dengan cocolan sambal kecap atau cabai.

23. Sup Daging Sayur

Sup daging sayur bisa jadi pilihan menu makanan sehari-hari untuk keluarga selanjutnya. Kuahnya gurih dan cocok untuk disantap bersama nasi.

24. Nasi Ayam Panggang

Nasi ayam panggang adalah makanan yang hampir sering dimakan orang Indonesia. Rasanya enak sangatlah cocok di lidah.

25. Urap Sayur

Urap sayur bisa kamu jadikan menu makanan jika kamu sedang tidak punya budget lebih untuk belanja bahan makanan. Urap sayur juga sering disebut sebagai saladnya Indonesia.

25. Lodeh

Sayur lodeh merupakan masakan berkuah khas Indonesia asal daerah Jawa. Sayur ini identik dengan penambahan santai dalam pembuatannya. Biasanya berisi labu siam, sayuran, nagka muda, hingga kacang panjang.

26. Telur Dadar

Telur dadar bisa jadi menu makan simple yang bisa disantap sehari-hari. Pasalnya bahan utamanya hanyalah telur yang dikocok lalu digoreng dengan sedikit minyak.

27. Kangkung Saus Tiram

Satu lagi olahan tumis kangkung yang sering dimakan orang Indonesia yaitu kangkung saus tiram. Bawah putih, merah, garam, cabai, dan saus tiram menjadi rempah yang menumbuhkan kelezatan masakan ini.

28. Ayam Suwir Bumbu Rujak

Jika biasanya ayam suwir hanya dimasak dengan bumbu cabai, kamu bisa kreasikan menggunakan bumbu rujak. Masakan ini cocok untuk menjadi lauk bersama nasi putih.

29. Tumis Udang Petai

Tumis udang petai cocok untuk dijadikan menu masakan keluarga ala rumahan sedat dengan aroma petai yang khas.

30. Nasi Goreng Sosis

Nasi goreng merupakan makanan nasi yang dimasak dengan bumbu, yang biasanya dipadukan dengan aneka topping. Bisa sosis, ayam, baso, dan masih banyak lagi.

Nah, itu tadi daftar rekomendasi menu masakan sehari hari hemat, simple, dan enak. Semoga bermanfaat dan bisa jadi inspirasi masakan untuk keluarga di rumah ya!

Simak Video "Mpok Atun 'Si Doel Anak Sekolahan' Buka Warung Makan di BSD"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/inf)

Adblock test (Why?)


30 Menu Masakan Sehari-hari untuk 1 Bulan yang Murah Ala Rumahan - detikFood
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...