Rechercher dans ce blog

Saturday, April 8, 2023

Menu Buka Puasa Ramadhan 2023 yang Menyehatkan Juga Dicontohkan Rasulullah SAW - Pos-Kupang.com

POS-KUPANG.COM - Tribunners hari ini kita telah masuk pada 18 Ramadhan 1444 H, selama bulan puasa ini sudahkah kita  mencoba menu buka puasa Ramadhan 2023 yang dicontohkan Rasulullah SAW?

Ada menu buka puasa yang menyehatkan tubuh dan menu buka puasa yang dianjurkan dokter.

Melansir Instagram Majalah Tebuireng (@majalahtebuireng), terdapat hadist yang menerangkan Rasulullah SAW berbuka puasa dengan kurma.

Apabila tidak mendapati kurma untuk menu buka puasa, maka Rasulullah SAW meminum air putih.

"Apabila kamu ingin berbuka, berbukalah dengan kurma. Jika tidak ada, minumlah air putih karena ia suci." (HR At-Tirmidzi).

Baca juga: Resep Menu Buka Puasa dan Sahur Ramadhan, Resep Takir Tahu Udang Hidangan Kukus yang Enak dan Sehat

Lebih lanjut diterangkan dalam Mir'atul Mafatih, Al-Mubarakfuri menjelaskan bahwa kurma sangat baik dikonsumsi ketika berbuka. Dalam penelitian kesehatan modern, kandungan glukosa pada kurma dapat meningkatkan asupan serat, mineral, dan vitamin, serta menurunkan kolesterol.

Sementara mengonsumsi air putih menurut Kementerian Kesehatan memiliki banyak manfaat antara lain dapat menyehatkan pencernaan, mengurangi racun dalam tubuh, dan memelihara kesehatan kulit.

Berikut beberapa menu buka puasa Ramadhan lainnya apabila bosan menyantap kurma, seperti yang direkomendasikan Majalah Tebuireng menurut anjuran dokter.

1. Pisang

Selain rasanya yang manis, pisang juga mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, dan C. Namun ingat juga untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar glikogen tinggi, karena dapat membuat kadar gula darah melonjak naik.

2. Alpukat

Baca juga: Kuliner Khas NTT, Menu Buka Puasa Part I, NTT, Nusa Tiada Tara, Nusa Tinggi Toleransi

Selain kaya serat, alpukat juga dapat membantu menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Berbagai vitamin, seperti vitamin A, B, K, D, dan E juga terkandung dalam buah satu ini. Berbuka puasa dengan alpukat dapat membuat perut kenyang lebih cepat.

3. Blewah

Buah ini mengandung kalium, vitamin A, B, dan C, serta serat. Selain itu, blewah juga baik untuk melancarkan pencernaan tubuh.

Adblock test (Why?)


Menu Buka Puasa Ramadhan 2023 yang Menyehatkan Juga Dicontohkan Rasulullah SAW - Pos-Kupang.com
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...