Rechercher dans ce blog

Saturday, April 15, 2023

Mencicipi Aneka Menu Khas Sulawesi di Denpasar, Cocok untuk Lebaran - detikBali

Denpasar -

Hidangan saat Hari Raya Idul Fitri khas Sulawesi kini dapat dijumpai di Kota Denpasar, Bali. Pilihan menunya banyak, mulai dari coto Makassar, burasa, ayam woku, bebek palekko, kari ayam to bugis, dan daging toppalada. Ada pula sop saudara, sop konro, pallu basa, hingga sambal roa.

Aneka masakan khas Sulawesi itu bisa dijumpai di Kedai Sulawesi. Lokasinya di Jalan Pura Demak Gang 1 Nomor 2AB, Kota Denpasar.

"Itu memang panganan khas Sulawesi kalau kami Lebaran," kata pemilik Kedai Sulawesi Andi Sitty Bulqish M saat ditemui detikBali, Sabtu (8/4/2023).

Andi menuturkan berbagai menu tersebut tidak hanya disajikan pada saat Lebaran. Warga Sulawesi juga menyantap aneka hidangan tersebut saat Natal maupun hari raya lainnya.

"Iya (menu itu disajikan saat lebaran atau acara). Jadi kadang Lebaran, Natalan. Ya kalau Sulawesi kan dominan Muslim, Kristen beberapa Budha, Hindu juga ada," jelasnya.

Ia menjelaskan Kedai Sulawesi memiliki 63 menu, mulai dari jajanan, makanan, hingga dessert dan minuman. Salah satu jajanan menjadi best seller di kedai tersebut adalah jalangkote.

Andi mengaku berkeinginan untuk membuka gerai lebih banyak hingga ke mal-mal demi memperkenalkan jalangkote. Ia berambisi agar jajanan khas Sulawesi itu dikenal luas seperti pempek khas Palembang.

"Kedai Sulawesi mengenalkan jalangkote agar seperti pempek dari Palembang (atau) bebek dari Surabaya. Jadi, kami pengen mengenalkan orang kalau dengar jalangkote ini dari Makassar," ungkapnya.

Jalangkote, jelas Andi, adalah jajanan khas Sulawesi seperti pastel yang di dalamnya berisi sayur, kentang, wortel hingga telur. Hanya saja, pastel biasanya dimakan bersama cabai rawit. Sedangkan, jalangkote dinikmati dengan sambal cair.

"Jalangkote harus pakai lombok cair. Jadi (kami) mengedukasi orang kadang-kadang kalau belum kenal (jalangkote) ada cabai rawitnya mbak? Oh, nggak ada, di sini nggak pakai cabai rawit saat makan jalangkote," ungkapnya.

Simak Video "Pantauan Mudik di Pelabuhan Gilimanuk Terus Meningkat "
[Gambas:Video 20detik]
(iws/efr)

Adblock test (Why?)


Mencicipi Aneka Menu Khas Sulawesi di Denpasar, Cocok untuk Lebaran - detikBali
Read More

No comments:

Post a Comment

7 Menu Sarapan Ini Bisa Kempiskan Perut Buncit - detikSumut

Medan - Ternyata menu sarapan yang tepat bisa membantu menghilangkan perut buncit loh. Menu sarapan yang baik ini juga tidak membuat perut...